Agar Sehat Mental, Ini 5 Kegiatan Saat Local Lockdown Corona

Pasien wabah corona Covid-19 di Indonesia semakin hari semakin meningkat. Meski sebagian di antaranya dinyatakan sembuh. Akan tetapi, tak sedikit pula yang merasa khawatir, cemas dan takut. Tentu itu wajar, sejauh tidak berupa perasaan yang berlebihan.

Nah, mengingat penyebaran pandemi ini terus meluas, beberapa daerah di Indonesia menerapkan local lockdown, dalam arti ‘tidak boleh’ ada yang masuk dan keluar, ke dan dari wilayah bersangkutan tanpa ada alasan yang darurat.

Selain itu, himbauan untuk tetap tidak menjalin interaksi sosial dalam kerumunan atau keramaian, menjaga jarak hingga 1 meter dengan orang lain. Karena itu,  pemerintah menerapkan aturan social dan physical distanding untuk memutus mata rantai penyebaran wabah corona Covid-19 ini.

Bahkan, pemerintah menetapkan juga kondisi darurat hingga akhir Mei 2020 ke depan. Maka kita diharapkan untuk tetap di rumah dan melakukan mayoritas kegiatan di rumah. Tak heran  bila perubahan rutinitas bisa menyebabkan perubahan kondisi atau kesehatan mental. Jangan khawatir,  berikut ini beberapa kegiatan di rumah selama penerapan local lockdown agar Anda tetap sehat secara mental :

1. Kurangi Berselancar di Medsos

 Berdiam di rumah jutru bagi sebagian orang membuat kesempatan bermedia sosial lebih banyak. Padahal, tak sedikit juga informasi yang tersebar di dunia maya itu benar adanya dan berita yang negatif. Bahkan, ada kabar yang pro-kontra dan sebagainya. Hal itu bisa membuat kecemasan. Karena itu, kurangi aktivitas memakai gadget demi menjaga kesehatan mental Anda. Pasalnya, emosi dapat menyebar atau menular dari satu orang ke orang lain.  

2. Tetapkan jadwal aktivitas yang menyenangkan

Buatkan jadwal harian untuk menjaga rutinitas Anda. Namun, tetapkan sesuatu berdasarkan yang ‘ingin’ Anda lakukan, daripada yang ‘harus’ Anda lakukan. Dengan begitu, Anda akan merasa senang menjalani hari demi hari. Rutinitas yang teratur juga membuat pola hidup Anda tetap sehat. Jam tidur, makan, istirahat dan lainnya dapat terjaga baik. Kesehatan mental Anda pun tidak terganggu.

3. Olahraga di dalam rumah

Meski banyak berdiam di rumah, tak berarti Anda tak melakukan apapun. Olahraga tetap dapat dilakukan meski di dalam rumah. Misalnya, yoga. Menurut riset, yoga dapat menangani kecemasan dan depresi dalam jangka panjang. Selain itu, yoga juga membantu membentuk fleksibilitas, kekuatan, dan pengaturan napas, serta mengurangi rasa sakit fisik. Plus, secara mental Anda akan tetap sehat.

4. Bermain asah otak

Lakukan permainan yang mengasah otak misalnya pasel, teka-teki silang atau Sudoku. Permainan kognitif seperti ini mengasah kemampuan mengingat, perhatian, dan nalar. Menurut sebuah studi 2019 dari para peneliti University of Exeter permainan ini juga melibatkan pemikiran logis, yang mencegah pikiran Anda termenung atau mengkhawatirkan hal lain.

5. Menggambar atau melukis
tak perlu jagoan seperti seorang pelukis. Cukup ambil pensil, spidol atau pensil warna. Corat-coret di atas kertas membiarkan pikiran Anda mengembara. Sebuah laporan yang diterbitkan dalam jurnal Psychology of Aesthetics, Creativity, and the Arts pada 2016 mengatakan bahwa 15 menit menggambar memiliki manfaat kesehatan emosional. Cobalah gambar abstrak, membuat karya seni tampak memusingkan hasilnya. Yang penting, Anda merasa senang mengekspresikan diri.

Tentunya ada banyak kegiatan alternatif lain yang bisa Anda lakukan di rumah untuk menjaga kesehatan mental. Yang jelas, yuk mulai coba lakukan sekarang juga!

Foto : freepik.com