Tantangan Orang Tua saat Memiliki Remaja

 

 

Orang tua memiliki tantangan yang sangat banyak. Ketika anak yang memasuki masa remaja mulai dari memperhatikan lingkungan ataupun pertemanan, yang dilakukan oleh sang anak, hingga kegiatan dan juga bagaimana emosi mereka akan berubah, dari anak-anak menjadi remaja.

Bagi orang tua yang baru saja memiliki anak remaja, mungkin informasi berikut ini bisa menjadi persiapa. Kira-kira tantangan apa saja yang akan ditemui oleh orang tua ketika anaknya memasuki usia remaja.

  1. Perubahan kebiasaan

Pertama adalah perubahan kebiasaan untuk berbicara ataupun menghabiskan waktu dengan orang tua. Hal ini sangat wajar terjadi terutama jika kamu memiliki anak laki-laki mereka sudah memiliki dunianya sendiri. Sehingga merasa tidak cocok ataupun kurang paham dengan berbagai kegiatan orang dewasa, mereka menganggap bahwa kegiatan orang dewasa berbeda dengan kegiatan anak remaja.

Namun juga tidak seperti anak-anak sehingga frekuensi untuk bisa pergi dan juga bersama dengan orang tua akan menurun. Mulai dari mereka tidak ingin diajak pergi ke undangan atau bertemu dengan keluarga dan juga jalan-jalan atau menghabiskan waktu di luar. Jika hal ini terjadi sebagai orangtua. Kamu harus bisa menyikapinya secara bijaksana. Biarkan mereka menghabiskan waktu sebagai anak remaja, namun jangan sampai menghilangkan kebiasaan untuk quality time bersama keluarga.

  1. Ketahui Lingkungan Baru Mereka

Tantangan ke-2 yakni pertemanan ataupun orang baru yang hadir dalam kehidupan anak. Hal ini dikarenakan adanya lingkungan baru. Misalnya saja anak remaja yang baru masuk ke bangku sekolah smp ataupun mereka yang baru lulus SMP dan masuk ke bangku sekolah SMA. Hal ini menjadikan mereka harus beradaptasi dengan lingkungan baru dan hal tersebut.

Nyatanya tidak mudah ditambah lagi mereka akan menemukan, atau mencoba untuk berteman dengan orang baru. Cobalah untuk hargai lingkungan dan juga pertemanan yang telah mereka buat. Mengawasi dan juga memimpin anak-anak untuk bisa menemukan teman yang tepat memang sangat penting.

  1. Perubahan Suasana Hati

Tantangan ke-3 adalah perubahan emosi hal ini seringkali terjadi dan menjadi salah satu tantangan utama bagi orang tua atau bahkan keluarga. Beberapa dari anggota keluarga yang mungkin sudah dewasa seringkali tidak paham, kenapa adiknya atau anggota remaja yang muncul di keluarga mereka memiliki permasalahan ataupun kehidupan yang sangat rumit.

Padahal sebenarnya anak remaja memiliki perubahan suasana hati yang beragam dan seringkali cenderung ke arah yang lebih buruk. Misalnya marah, emosi, dan sebagainya sehingga sebagai keluarga dan juga orang tua kita harus bisa menemukan metode yang tepat untuk bisa menenangkan mereka dan juga memberikan pemahaman. Sebenarnya keluarga merupakan lingkungan yang paling nyaman, untuk membiarkan mereka menunjukkan atom ekspresikan apa yang mereka rasakan.

  1. Karakter yang Berubah

Ketika anak memasuki usia remaja maka akan ada banyak sekali hal baru yang muncul mulai dari kebiasaan hingga karakter yang mungkin tidak terlihat. Ketika masih kecil namun terlihat semakin kuat ketika mereka dewasa, hal ini mungkin akan sering mengejutkan orang tua.

Tetapi bukan berarti kamu sebagai orang tua bisa memberikan respon buruk akan hal tersebut bagaimanapun juga anak remaja pasti berusaha untuk bisa bersikap baik. Sebenarnya mereka menghadapi hal baru yang mungkin bisa menjadi masalah ataupun ketakutan tersendiri.Cobalah untuk tetap dampingi mereka, dan pastikan bahwa orang tua selalu menunggu anak untuk siap menjadi dewasa.

Foto : freepik.com