Gangguan Psikologis Yang Rawan Terjadi Pada Remaja

 

Masalah psikologis yang terjadi pada remaja akan mempengaruhi perasaan, perilaku, suasana hati dan bahkan pikiran.

 

Gangguan psikologis ini umumnya muncul di waktu-waktu tertentu kecuali apabila remaja tersebut mengalami gangguan psikologis yang kronis.

 

Dengan adanya gangguan psikologis ini akan dapat mempengaruhi hubungan  dengan orang lain. Berikut ini beberapa Apa jenis gangguan psikologis yang rawan terjadi pada remaja.

 

Gangguan Saraf

Gangguan saraf merupakan gangguan yang telah didiagnosis selama usia bayi ataupun anak-anak. Gangguan psikologi saraf ini meliputi cacat intelektual, keterlambatan dalam perkembangan global, terganggunya komunikasi, dan autisme.

 

Pada cacat intelektual ini sering dikatakan sebagai keterbelakangan mental. Yang melatarbelakangi gangguan psikologis yang terjadi adalah bermula pada usia dibawah 18 tahun yang mempunyai perilaku adaptif.

 

Perilaku adaptif merupakan salah satu perilaku yang didalamnya mengikutsertakan terkait keterampilan praktis dalam kehidupan sehari-hari, contohnya interaksi sosial, keterampilan hidup, dan lain-lain.

 

Keterbelakangan mental atau gangguan intelektual ini seringkali dites menggunakan tes IQ yang mana dipatok dengan skor di bawah 70.

 

Bipolar

Gangguan bipolar merupakan salah satu gangguan yang terkait dengan perubahan suasana hati dan juga perubahan tingkat energi.

 

Gangguan bipolar ini seringkali melibatkan antara suasana hati yang kritis dan masa-masa depresi. Suasana hati yang dialami oleh pengidap gangguan bipolar ini akan meningkat seiring dengan ucapan yang disebut sebagai hypomania.

 

Gangguan Kecemasan

Gangguan kecemasan ini diartikan sebagai salah satu gangguan  psikologis yang didalamnya terdapat rasa khawatir, rasa cemas, dan rasa takut yang berlebihan dan dialami secara terus-menerus.

 

Rasa takut yang timbul dalam diri seseorang ini akan melibatkan sebuah respon secara emosional terkait sebuah ancaman yang didapat, baik ancaman yang berasal dari khayalan ataupun ancaman dari dunia nyata.

 

Gangguan kecemasan ini akan melibatkan suatu antisipasi terkait ancaman yang mungkin akan muncul di masa yang akan datan. Jenis gangguan kecemasan ini dibagi menjadi beberapa macam yaitu gangguan kecemasan umum, kecemasan sosial, spesifik fobia, Agrograpobia, dan lainnya.

 

Stres

Salah satu gangguan psikologis yang rawan terjadi pada remaja yaitu stres. Stress ini diakibatkan karena sebuah trauma yang terkait dengan peristiwa stres.

 

Gangguan stress ini dibagi menjadi beberapa jenis yaitu gangguan stres akut, penyesuaian gangguan, gangguan stres pasca trauma, dan gangguan keterikatan reaktif.

 

Gangguan stres akut ini melibatkan korban yang memiliki tingkat gangguan stres yang parah dan dalam jangka waktu 1 bulan setelah kejadian yang membuatnya menjadi trauma.

 

Contohnya perang, bencana alam, kecelakaan, melihat kematian, dan lain-lain. Akibat yang ditimbulkan pada gangguan stres akut ini yaitu akan mengalami gejala disosiatif atau dapat dikatakan sebagai realitas yang berubah dan tidak mampu untuk mengingat aspek penting yang terjadi pada sebuah peristiwa.

 

Gangguan Somatik

Gangguan somatik sebelumnya disebut sebagai gangguan somatoform. Gangguan somatik ini merupakan gangguan fisik yang tidak dapat diprediksi terkait penyebab dari gejala tersebut.

 

Berdasarkan penjelasan medis, gangguan fisik ini dikatakan sebagai gangguan yang lebih mengarah kepada perasaan, pikiran, dan perilaku yang cenderung tidak normal yang terjadi sebagai tanggapan atas gejala yang timbul.

 

Gangguan somatik ini juga melibatkan keasyikan yang terjadi dalam gejala fisik yang umumnya dapat berfungsi dengan normal.

 

Sehingga pada gangguan ini akan mengakibatkan tekanan emosi yang tidak dapat dikontrol dan dan akan mengalami kesulitan dalam kehidupannya sehari-hari. Hal demikianlah yang menyebabkan salah satu gangguan psikologis.