Bagaimana Orangtua Mendukung Anak Memasuki Masa Remaja

 

Kehidupan ataupun masa remaja merupakan salah satu fase kehidupan yang harus dilalui oleh semua manusia. Termasuk salah satunya orang tua yang mungkin kesulitan, bagaimana caranya bisa menghadapi anak remaja.

 

Mereka yang memasuki usia pubertas dan juga masa untuk mencari jati diri. Tidak mudah memang, namun ternyata ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh orang tua yang dapat membantu anak sukses di masa sekolah menengah pertama dan masa remaja. Kira-kira seperti apa ya tips yang dimaksud? berikut ini akan kita bahas secara lengkap.

 

Suasana Belajar Berbeda

Hal pertama yang harus dipahami ketika memutuskan untuk membantu ataupun mendukung kesuksesan anak remaja. Mereka yang baru memasuki atau duduk di bangku sekolah menengah pertama, yaitu menciptakan suasana dan juga tempat belajar yang berbeda ketika mereka lulus sd dan memasuki masa menengah pertama.

 

Mereka pasti berpikir bahwa mereka baru memasuki dunia yang berbeda dan tentu saja ada perasaan, bahwa mereka sudah dewasa. Hal ini sangat wajar terjadi karena kehidupan menengah pertama seringkali ditunggu oleh banyak anak. Sehingga mereka bisa bebas dan juga hidup sebagai anak remaja. Untuk itu bukan hanya nonakademik tetapi secara akademik orang tua bisa mendukung hal tersebut.

 

Kesibukan Bertambah

Seiring berjalannya waktu anak remaja akan paham bagaimana kehidupan di sekolah menengah pertama mereka akan memiliki kesibukan yang bertambah banyak. Disertai dengan tugas yang mungkin bertambah banyak kegiatan di luar sekolah, dan lain sebagainya. Dalam hal ini orang tua bisa mendukung dengan cara membantu anak untuk bisa mengatur waktu dengan tepat.

 

Mulai dari kapan mereka harus beristirahat bagaimana mereka bisa bersenang-senang dengan teman-temannya, dan juga kapan mereka harus belajar. Jika semua sudah teratur sesuai dengan waktunya pasti anak akan merasa terbiasa, dan bisa beradaptasi dengan kehidupan masa remajanya. Mengatur waktu bukan berarti membatasi mereka untuk melakukan kegiatan yang diinginkan orang tua ya. Tapi mengatur waktu membantu mereka untuk memanajemen waktu, ataupun kegiatan yang mereka lakukan termasuk bermain dan rekreasi.

 

Terlibat Kegiatan Sekolah

Cara ketiga yang bisa dilakukan untuk orang tua yang ingin, mendukung kehidupan anak remaja di sekolah menengah pertama, yaitu ikut terlibat dalam berbagai kegiatan sekolah yang anak miliki. Sebenarnya beberapa anak mungkin akan merasa ragu dan bahkan malu karena orang tuanya terlalu ikut campur dengan urusan sekolah.

 

Tetapi bukan berarti kamu harus cuek atau tidak peduli, dengan kegiatan anak jelaskan bahwa apa yang mereka lakukan tidak ada kaitannya, dengan anda sebagai orangtua dan dukungan yang anda lakukan ke sekolah. Bukan bertujuan untuk mempermalukan anak namun membantu mendukung berbagai kebutuhan dan kegiatan sekolah.

 

Konsultasi dengan Guru

Memasuki masa remaja tentu saja menjadi tantangan tersendiri bagi orang tua termasuk salah satunya memastikan bahwa mereka tidak melakukan hal-hal buruk di sekolah. Selanjutnya cara yang bisa dilakukan oleh orang tua yaitu berbicara ataupun konsultasi dengan wali kelas dan juga guru yang ada di sekolah. Cobalah untuk bertanya bagaimana kehidupan anak anda. Mulai dari absensi kegiatan ekstrakurikuler dan juga pertemanan yang mereka bangun.

 

Nutrisi tercukupi

Terakhir tidak ada dukungan lain yang bisa dilakukan oleh orang tua. Selain menyiapkan makanan yang bernutrisi dan juga tempat yang nyaman untuk istirahat. Kedua hal ini mungkin berbeda setiap orangnya makanan yang enak sendiri mungkin berbeda bagi setiap orang.

 

Tetapi anak remaja membutuhkan asupan makanan yang cukup banyak, disertai dengan waktu istirahat yang baik untuk bisa membantu tumbuh kembang. Mereka menjadi lebih baik jika dilakukan. Hal ini bukan tidak mungkin bahwa anak remaja menghadapi masa mudanya dengan bahagia dan tidak mengalami kendala apapun.

Foto : freepik.com