Tujuh Manfaat Melakukan Rutinitas dengan Anak

Tujuh Manfaat Melakukan Rutinitas dengan Anak

Melakukan aktivitas rutin Bersama anak tentu ada manfaatnya. Yuk simak 7 manfaat melakukan rutinitas dengan Si Kecil berikut ini:

  1. Rutinitas memastikan anak melakukan sesuatu tanpa disuruh

Rutinitas yang dilakukan anak membuatnya melakukan sesuatu tanpa disuruh orangtua. Misalnya, kegiatan seperti menyikat gigi, tidur siang, mematikan televisi dan sebagainya. Orang tua tidak perlu lagi mengingatkan atau memerintah anak berulang kali. Pasalnya, anak sudah memiliki kesadaran sendiri untuk melakukan hal tersebut.

  1. Rutinitas membantu anak-anak bekerja sama

Rutinitas membantu anak-anak bisa bekerja sama dengan Anda. Misalnya, bekerja sama membereskan rumah. Anak tanpa disuruh mau membereskan mainannya dengan rapi. Atau, kegiatan-kegiatan lainnya yang melibatkan orangtua dan anak.

  1. Rutinitas membantu anak-anak belajar mengendalikan aktivitasnya

Seiring waktu, anak-anak belajar menyikat gigi, mengemasi tas dan lain-lain tanpa perlu diingatkan lagi. Anak-anak belajar untuk bertanggung jawab atas dirinya sendiri. Perasaan ini meningkatkan rasa penguasaan dan kompetensi mereka. Anak-anak yang merasa lebih mandiri dan bertanggung jawab atas diri mereka sendiri.

  1. Anak-anak belajar tentang menunda keinginan atas yang mereka sukai

Misalnya, anak ingin bermain ke taman sekarang ini. Namun, dia bisa belajar bahwa pergi ke taman bermain biasanya pada sore hari. Jadi, dia bisa menantikannya nanti sore.

  1. Rutinitas yang teratur membantu anak-anak memenuhi jadwal

Rutinitas yang teratur membantu anak-anak menentukan jadwal, sehingga mereka lebih mudah tidur pada malam hari.

  1. Rutinitas membantu orang tua membangun momen hubungan yang berharga

Kita semua tahu bahwa perlu terhubung dengan anak-anak setiap hari. Jika kita membangun ritual koneksi kecil ke dalam rutinitas kita, itu akan menjadi kebiasaan. Cobalah berpelukan dengan setiap anak saat Anda pertama kali melihatnya di pagi hari, misalnya.

Ritual seperti ini akan menghubungkan Anda pada tingkat yang mendalam dengan anak. Jika Anda melakukannya sebagai “bagian dari rutinitas” anak ¬†membangun keamanan serta koneksi dan kerja sama.

  1. Jadwal rutin membantu orang tua menjaga konsistensi dalam ekspektasi.

Jika semuanya bertengkar, orang tua akhirnya menyelesaikan: lebih banyak TV, tidak menyikat gigi untuk malam ini, dll.

Dengan rutinitas, semua anggota keluarga akan lebih akan menjaga konsistensi kegiatan sehari-harinya sehingga menjadi sebuah kebiasaan. Dengan demikian, segalanya akan berjalan lebih lancar.

Foto : Freepik