Tips Cegah Anak Tantrum di Tempat Umum

Anak tantrum di tempat umum? Moms mungkin mengalami hal ini. Lalu, bagaimana supaya Si Kecil tidak tantrum saat di tempat umum? Yuk, simak uraian berikut ini.

Bawa mainan atau benda favoritnya

Saat bepergian, jangan lupa Moms untuk membawa mainan atau  benda favoritnya. Misalnya, boneka, mobil-mobilan atau lainnya.

Pasalnya, menurut National Association of School Psychologists, tantrum yang terjadi pada anak umumnya terjadi karena ia mengalami perubahan aktivitas rutin.

Misal, pada siang hari biasanya lagi asyik bermain boneka. Namun, pada kesempatan siang lainnya, Moms mengajak ia mengunjungi tempat lain. Nah, perubahan aktivitas rutin ini dapat menimbulkan tantrum pada Si Kecil.

Kenapa demikian? Karena adanya perubahan rutinitas memicu rasa bosan pada anak. Mungkin ia mengharapkan bisa bermain-main Bersama temannya. Namun, pada saat itu ternyata ia justru berada di suatu tempat yang berbeda, yang tidak ia kenal dan tidak familiar, apalagi harus bertemu dengan orang banyak.

Karena itu, Moms coba bawakan juga mainan atau apapun benda kesukaannya agar ia tidak merasa bosan saat di tempat umum. Dengan begitu, mungkin akan mengurangi risiko ia melakukan tantrum.

Sempatkan istirahat

Nah, saat Moms mengajak Si Kecil ke area publik, pastikan Moms meluangkan waktu sejenak untuk beristirahat. Hal ini dapat mengurangi potensi anak mengalami tantrum. Bisa jadi, berada di keramaian dan bertemu dengan banyak orang membuat anak lelah.

Coba perhatikan, apakah Si Kecil tampak kelelahan. Kalau ia terlihat lemas dan kurang bersemangat, tidak banyak bicara, mungkin ia sudah capek. Ujung-ujungnya malah memicu ia melakukan tantrum.

Akan tetapi sebaliknya, bila Si Kecil masih tampak aktif, bersemangat, banyak bertanya kemungkinan ia belum merasa lelah.

Oh ya, perlu kita pahami Moms, ketika anak berada di tempat yang baru didatangi, kemungkinan muncul rasa bosan. Apalagi, ia merasa di tempat yang tidak membuatnya nyaman untuk bergerak secara leluasa. Kemungkinan ia akan merengek karena bosan, ingin pulang dan tak betah di tempat tersebut. Pastikan untuk tidak terlalu berlama-lama di tempat tersebut supaya anak tidak tantrum.

Karena itu, untuk menghindari terjadi tantrum, pastikan Moms menjelaskan pada Si Kecil mengenai kegiatan berikutnya yang bisa membuatnya senang. Misalnya, jelaskan bahwa selanjutnya ia akan diajak ke tempat area bermain.

Nah, selamat mencoba mengantisipasi anak tantrum ya Moms!

Foto : freepik.com