Masalah Mental pada Anak dan Solusinya

 

Masalah mental dialami oleh sebagian orang terutama pada anak-anak dan remaja. Akan tetapi dalam hal ini orangtua sering tidak sadar dan tidak mengetahui bahwa anaknya mempunyai masalah dengan kesehatan mentalnya.

 

Sebab gejala gangguan mental yang terjadi pada anak-anak maupun remaja ini muncul secara tiba-tiba dan diam-diam. Jadi akan sulit untuk membedakan terkait perilaku keseharian anak dengan perilaku ketika anak mengidap gangguan pada mental.

 

Namun harus diketahui jika masalah yang dialami tersebut  tidak segera diatasi dengan baik, maka gangguan mental yang terjadi ini pun akan semakin bertambah parah.

 

Ada beberapa jenis masalah mental pada anak yang dibagi menjadi 5 kategori.

Masalah Perilaku

ADHD yang merupakan gangguan terkait dengan pemusatan perhatian pada anak dan juga anak yang mempunyai perilaku ADHD cenderung lebih hiperaktif dan impulsif.

 

Gangguan ADHD ini merupakan salah satu ciri anak yang memiliki kesulitan dalam hal berkonsentrasi dan dapat menyebabkan depresi.

 

Pada masalah ini anak akan sering terlihat tidak dapat memperhatikan sesuatu secara fokus dan cenderung bersifat kasar.

 

Selain ADHD ini juga ada istilah Conduct Disorder. Conduct disoder ini merupakan salah satu gangguan perilaku yang terkait dengan timbulnya emosi yang serius pada anak dan juga pada remaja.

 

Anak yang memiliki masalah dengan gangguan emosi akan menunjukkan prilakunya yang dapat mengganggu, terlibat unsur kekerasan, dan akan bermasalah dalam mengikuti sebuah aturan.

 

Masalah perilaku yang dialami juga disebut dengan istilah ODD. ODD adalah gangguan perilaku pada anak yang cenderung membangkang dan melawan.

 

Masalah perilaku ini diawali dengan suasana hati yang mudah tersinggung, mudah marah, pendendam, dan sering membantah.

 

Anak dengan gangguan mental ini sebagian besar akan melakukan penyalahgunaan NAPZA.

 

Dalam penyalahgunaan NAPZA ini akan sangat berpengaruh pada mental anak yang belum cukup usia. Contoh nafza yang digunakan pada anak-anak dibawah usia yaitu rokok atau Vape.

 

Masalah Relasi

Relasi yang terjalin antara anak dan orang tua ini akan ikut serta dalam pembentukan karakter anak terkait dengan tantangan dan masalah yang dihadapi oleh anak.

 

Masalah Sosial Dan Emosional

Gangguan emosional dan sosial yang terjadi pada anak ini meliputi gangguan mood, gangguan kecemasan, stres, dan tidak dapat beradaptasi dengan lingkungan sosialnya.

 

Masalah Perkembangan Dalam Belajar

Dalam masalah perkembangan belajar ini anak akan mengalami ASD yang terkait dengan masalah perkembangan saraf dan otak anak.

 

Contoh masalah ini seperti autisme  dan sindrom asperger.  Selain itu anak juga akan mengalami Skizofrenia. Skizofernia dapat menimbulkan anak menjadi halusinasi, perasaan datar, serta gangguan dalam berbicara.

 

Masalah lain yang timbul ini disebut dengan istilah dsabilitas intelektual. Disabilitas intelektual yaitu gangguan pada anak yang mengakibatkan anak akan lambat dalam memahami dan mempelajari sesuatu.

 

Hal ini disebabkan intelegensi anak  jauh di bawah rata-rata teman sebayanya. Masalah yang dialami pada anak terkait gangguan belajar ini terkadang bersumber dari faktor sarafnya.

 

Masalah Kesehatan Dan Perilaku

Pada masalah ini terkadang anak ditandai dengan keadaan yang tiba-tiba menolak untuk makan dan dalam hal ini akan dapat mengakibatkan stunting pada anak.

 

Masalah mental yang terjadi pada anak ini haruslah cepat disadari sehingga anak-anak dapat hidup lebih cerdas dan lebih sehat tanpa adanya gangguan mental.