Kebiasaan Orang Tua yang Salah dan Membahayakan Anak

 

Banyak sekali orang tua yang sering mengabaikan aturan atau ketentuan yang harusnya diajarkan kepada si kecil sejak dini. Hal ini bukan hanya berdampak pada perhatian dan juga tanggung jawab si kecil. Namun kebiasaan ini bahkan menimbulkan bahaya loh. Lantas apa saja sih hal yang perlu disampaikan oleh banyak orang tua di Indonesia? dalam artikel berikut ini akan kita bahas secara lengkap.

 

Penggunaan Sabuk Pengaman

Kebiasaan buruk pertama yang seringkali dilihat oleh anak-anak dan akhirnya diikuti yaitu penggunaan sabuk pengaman ketika menaiki kendaraan, khususnya mobil. Dimana sabuk pengaman ini mungkin terpasang bagi pengendara ataupun ketika melakukan perjalanan yang cukup jauh.

 

Tetapi anak-anak terkadang dibiasakan untuk bisa duduk secara sembarang atau bahkan mereka bisa bergerak dengan bebas. Di bagian depan ataupun di bagian kursi penumpang. Padahal banyak peraturan yang melarang bahwa anak tidak duduk dengan baik atau bahkan tidak menggunakan kursi khusus anak-anak. Jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan ibu ataupun ayah, mungkin tidak akan terkena dampak yang terlalu besar karena duduk di kursi dengan menggunakan seat bealt. Namun bagaimana dengan si kecil?

 

Bermain di Luar Rumah

Kebiasaan selanjutnya yang seringkali di dilarang oleh orang tua, yaitu tidak memperbolehkan sekecil untuk bisa bermain di luar rumah dan juga menikmati suasana alam. Di mana mereka sering menyebutkan bahwa anak kecil jangan sampai terkena tanah yang kotor atau mungkin rerumputan dan lain sebagainya.

 

Padahal anak-anak lebih baik untuk bisa beraktivitas dan juga berkegiatan di luar rumah. Misalnya saja khusus bagi batita yang baru mulai belajar membiasakan anak untuk bisa menginjak rumput, ataupun bebatuan bisa menjadi salah satu cara untuk mengenalkan tekstur pada sensorik anak. Hal yang paling penting adalah saat orang tua membiarkan mereka bermain di luar. Jangan sampai lengah dan perhatikan mengingat ada banyak orang tua di Indonesia, yang merasa malas untuk memperhatikan setiap saat anak-anak yang bermain di luar.

 

Jenis Makanan Sembarang

Sekarang ini sudah banyak ibu muda yang menyadari betapa pentingnya nutrisi dan juga jenis makanan yang dikonsumsi oleh anak-anak. Jika dulu para orangtua umumnya memberikan makanan yang mungkin terlihat sederha, mseperti sayur buah dan juga tempe ataupun tahu. Tetapi tidak bisa dipungkiri bahwa sebenarnya makanan tersebut sangat bernutrisi. Karena mengandung protein, mineral, serat lain sebagainya.

 

Tetapi orang tua sekarang ini seringkali memberikan makanan anak secara sembarang terutama karena adanya banyak pilihan dan juga tipe dari jenis makanan. Mulai dari jenis fjunk food, dan juga camilan yang tidak menyehatkan membiarkan mereka untuk terbiasa mengkonsumsi makanan tersebut. Tentu saja akan berdampak buruk pada perkembangan tubuh si kecil. Ada baiknya untuk memperhatikan nutrisi dan juga gizi yang dimakan agar tumbuh kembangnya tidak akan terganggu.

 

Sakit dan Pergi ke Dokter

Kebiasaan buruk lainnya yang sering dilakukan oleh orang tua yaitu membawa si kecil ketika sakit dalam waktu lebih dari 2 hari. Mungkin beberapa dari kamu seringkali merasa panik apabila si kecil sakit. Tetapi sayangnya masih banyak orang tua yang menunda waktu untuk bisa pergi ke rumah sakit, ketika anaknya mengalami kondisi yang tidak baik.

 

Misalnya saja tiba-tiba anak demam ataupun flu dan juga pusing mereka hanya menganggap bahwa sakit tersebut dikarenakan cuaca ataupun kondisi tertentu. Padahal langkah lebih baik apabila orang tua melakukan pertolongan pertama, kepada si kecil. Misalnya melakukan pengecekan suhu kemudian memberikan obat penurun demam khusus untuk anak dan apabila berkelanjutan. Jangan mendiagnosa sendiri dan langsung bawa ke dokter.

Foto : freepik.com