Inilah 5 Cara Mengatasi Gangguan Kesehatan Mental pada Anak

Seperti yang telah kita tahu  bahwa gangguan kesehatan mental tidak hanya dialami oleh orang-orang dewasa. Akan tetapi, pada usia anak-anak pun kemungkinan bisa mengalami hal tersebut. Gangguan kesehatan mental bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satunya adalah kurangnya perhatian yang diberikan oleh para orang tuanya.

Gangguan kesehatan mental ini dapat mengubah banyak hal dari seorang anak, di antaranya adalah caranya berkomunikasi dengan orang lain, caranya menentukan pilihan, dan yang lebih buruk adalah adanya perasaan ingin menyakiti dirinya sendiri. Gangguan mental itu juga dapat berupa depresi, gangguan bipolar, gangguan stres pasca trauma (GSPT), dan gangguan psikosis.

Gejala yang ditunjukkan oleh seorang anak yang mengalami gangguan kesehatan mental ini sangatlah beragam, beberapa di antaranya adalah mengalami depresi, sering berhalusinasi, sering mengalami ketakutan dan kekhawatiran yang berlebihan, dan berkurangnya tingkat konsentrasi. Oleh karena itu, penting sekali bagi kita, khususnya para orang tua untuk mengenali gejalanya dan mencari solusi untuk mengatasi gangguan tersebut. Di antara cara mengatasi gangguan kesehatan mental pada anak adalah:

  1. Berbicara heart to heart

Cara ini merupakan cara yang paling sederhana dan mudah untuk dilakukan. Saat si anak mulai mengalami beberapa gejala yang telah disebutkan, orangtua harus bisa mengajaknya berbicara dan mencoba menenangkannya. Carilah topik dan pemilihan kata yang paling tepat. Hal ini dimaksudkan agar anak tidak merasa tertekan ketika diajak berbicara. Selain itu, dengan berbincang seperti ini, anak akan merasa diperhatikan.

  • Lakukan psikoterapi

Jika ternyata cara pertama tidak menunjukkan hasil yang signifikan, maka solusi selanjutnya adalah membawa anak kepada psikiater untuk melakukan psikoterapi. Dengan mendatangi psikiater, seorang anak mungkin akan mengungkapkan apa yang dirasakannya sehingga mendapatkan saran yang tepat. Psikoterapi dengan perawatan menggunakan obat-obatan terbukti efektif untuk mengobati penyakit mental. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya jika orangtua mengajak anaknya yang mengalami gangguan kesehatan mental itu menuju psikiater.

  • Terapi kreatif

Selain melakukan terapi bicara (psikoterapi), orang tua juga bisa menggunakan terapi kreatif untuk mengatasi gangguan kesehatan mental pada anak. Terapi ini lebih dianjurkan untuk anak-anak yang usianya masih kecil, menimbang mereka mungkin belum bisa menyampaikan apa yang dipikirkan dan dirasakannya.

  • Pemberian obat-obatan

Pemberian obat-obatan ini bertujuan untuk mengubah senyawa kimia di dalam otak anak yang mengalami gangguan kesehatan mental. Obat-obatan tersebut dapat berupa golongan selective serotonin reuptake inhibitor (SNRIs), dan serotonin-norepinephrine reuptake inhibitor (SNRIs), dan antidepresan trisiklik. Obat-obatan ini biasanya dikombinasikan dengan psikoterapi untuk hasil pengobatan yang lebih efektif.

  • Rawat inap

Langkah ini dilakukan jika seorang anak yang mengidap gangguan kesehatan mental ini membutuhkan pemantauan ketat atas gejala-gejala penyakit yang dialaminya atau bahkan jika terjadi kegawatdaruratan di bidang psikiatri, salah satunya adalah percobaan bunuh diri.

Di atas merupakan beberapa pemaparan mengenai cara untuk mengatasi gangguan kesehatan mental yang mungkin terjadi pada anak-anak. Selain melakukan kelima cara di atas, alangkah baiknya jika para orang tua memperbaiki sikapnya terhadap anak sedini mungkin agar tidak mengganggu kesehatan mentalnya di masa yang akan datang.

Mengapa yang pertama harus orang tua? Karena jelas sekali bahwa orang tua inilah yang memegang peran penting terhadap anaknya. Jika orang tuanya saja tidak menyadari apa yang terjadi kepada anaknya, maka anak tersebut mungkin merasa tersisihkan, sehingga timbulah rasa kesepian di dalam dirinya.

Foto : freepik.com