Faktor Yang Mempengaruhi Perubahan Psikologis Pada Anak

 

 

Pemahaman terkait perubahan psikologi pada anak ini sangat perlu dipelajari oleh para orang tua, sehingga dapat lebih mengerti dan memahami mengenai proses pertumbuhan dan perkembangan anak dengan baik dan maksimal.

 

Sehingga nantinya para orangtua akan memberikan perlakuan yang baik kepada para anak-anaknya. Faktor yang mempengaruhi perubahan psikologi pada anak ini meliputi :

 

Pola Asuh

Pola asuh yang berasal dari keluarga ini merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi perubahan psikologis pada anak.

 

Dikatakan sebagai faktor penting sebab sebuah karakter dan psikologi yang dimiliki anak akan dapat terbentuk dari cara pola pengasuhan yang diperoleh dari keluarga ataupun orang yang mengasuhnya.

 

Misalnya pada anak yang dibesarkan oleh orangtua yang memiliki sifat disiplin maka akan tumbuh dan berkembang menjadi seorang anak yang memiliki jiwa disiplin dan teratur.

 

Namun selain hal itu, kasih sayang juga dikatakan sebagai faktor utama dalam pembentukan kepribadian dan perubahan psikologis pada anak.

 

Sebab dengan adanya kasih sayang dari orang tua dan keluarga maka dapat membentuk anak dan menuntut anak menjadi seorang yang memiliki sifat lemah lembut, penyayang, dan juga mempunyai empati terhadap sekitarnya.

 

Lingkungan

Berinteraksi dengan lingkungan ini akan mempengaruhi perubahan psikologi pada anak yang cukup besar.

 

Apabila anak terbiasa hidup dan berinteraksi di lingkungan yang cenderung baik maka nantinya anak juga akan tumbuh dan berkembang menjadi seseorang yang memiliki jiwa kebaikan.

 

Namun apabila anak semasa kecil yaitu tumbuh dalam lingkungan dan berinteraksi dengan lingkungan yang kurang baik maka anak tersebut akan tumbuh menjadi anak yang memiliki karakter kurang baik.

 

Maka dari itu orang tua dan keluarga harus mengawasi setiap kegiatan anak yang bertujuan agar anak tidak mudah terpengaruh dengan lingkungan sekitar yang memiliki nilai buruk.

 

Sebab lingkungan ini sangat mempengaruhi anak dalam perkembangan psikologisnya dan membuat anak akan cenderung berperilaku membangkang dan pemarah.

 

Orang Tua

Orang tua juga memiliki andil yang besar dalam kehidupan anak yaitu dalam menentukan perkembangan psikologis yang terjadi pada anak.

 

Keikutsertaan atau keterlibatan orang tua ini dapat diperlihatkan dengan melakukan kegiatan bersama anak seperti halnya berolahraga, bermain dengan anak, bernyanyi, ataupun menemani anak dalam belajar dan menggali pengetahuan.

 

Maka dengan adanya peran orang tua yang baik nantinya anak akan mudah mengutarakan apa yang diinginkannya dan mudah berkomunikasi dengan orangtua yang menyebabkan si anak tumbuh menjadi pribadi yang lebih percaya diri, jujur, dan juga pribadi yang terbuka.

 

Trauma

Salah satu faktor yang mempengaruhi perubahan psikologis pada anak adalah trauma. Trauma ini akan menghambat psikologi pertumbuhan pada anak sebab sesuatu hal yang buruk yang dahulu pernah terjadi. Contohnya anak yang trauma dengan kekerasan fisik.

 

Meskipun terdengar sederhana dan sepele akan tetapi trauma tersebut yang cenderung buruk dan tidak menyenangkan akan mempengaruhi perkembangan psikologis pada anak.

 

Untuk mengatasi hal itu sebaiknya orangtua harus berhati-hati dalam memberi perlakuan yang ditunjukkan kepada anak dan harus menghindari kekerasan fisik atau pemberontakan yang dirasa dapat melukai dan membekas pada batin anak.

 

Pada umumnya membangun karakter anak ini memang tidak mudah akan tetapi dengan memberikan perhatian dan ketelatenan lebih kepada anak maka hal tersebut akan sangat mudah untuk diwujudkan.

Demikianlah faktor yang mempengaruhi perubahan psikologis pada anak.

Foto : freepik.com