Ciri Pubertas Anak Remaja Laki-Laki

Ciri Anak Remaja Laki Laki

Mencari pola asuh yang tepat untuk anak remaja bukanlah sesuatu yang mudah. Karena ada banyak sekali tantangan yang harus ditemui oleh orangtua. Terutama ketika kamu memiliki anak remaja laki-laki. Ada beberapa ciri pubertas yang wajib ibu atau ayah tahu ketika anak laki-laki sekarang sudah memasuki makanya.

  1. Perubaha Fisik

Ciri pertama yang wajib diketahui apabila anak remaja laki-laki sudah memasuki usia pubertas yaitu bentuk tubuh yang semakin berkembang dan juga berubah. Umumnya secara eksternal kita bisa melihat dan juga memperhatikan bentuk tubuh seorang anak laki-laki.

Mereka terkadang memiliki badan yang gempal tiba-tiba berubah menjadi kurus dan melebar ototnya ataupun sebaliknya mereka yang memiliki tubuh yang kecil. tiba-tiba menjadi besar dan juga bongsor. Hal ini berubah seiring dengan adanya nutrisi makanan dan juga pola makan yang dilakukan ditambah lagi perubahan tubuh ini sangat wajar terjadi. Bagi anak-anak yang memang sudah memasuki usia pubertas.

  1. Perubahan Suara

Ciri kedua yang tidak jarang terjadi yaitu adanya perubahan suara umumnya perubahan suara ini memang seringkali menimbulkan rasa malu. Di antara anak remaja laki-laki tetapi suara yang berat ini sebenarnya menjadi tanda, bahwa adanya pita suara dan juga kotak suaranya bertambah secara massa. Sehingga berubah menjadi lebih berat dan mungkin suaranya menjadi lebih rendah pubertas ini menunjukkan antara perubahan anak yang sudah bukan anak-anak lagi.

Tetapi sudah memasuki usia remaja tidak perlu khawatir dan juga dukung anak untuk bisa berbicara atau bersuara dengan baik. Ingat jangan meledek mereka di depan teman-temannya ya. Karena hanya akan menimbulkan trauma atau rasa tidak suka dan malu.

  1. Ketertarikan kepada Lawan Jenis

Ketertarikan pada lawan jenis merupakan hal yang sangat wajar hal ini dikarenakan adanya pertambahan usia dan juga hormon yang dimiliki oleh seorang anak remaja laki-laki. Namun ketertarikan tersebut haruslah batasi dan juga diarahkan ke hal yang benar. Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, ketika orang tua menanyakan, mengenai siapa perempuan yang mereka sukai atau seperti apa fisik dari perempuan yang mereka sukai. Mungkin mereka tidak akan menjawab secara jujur. Tetapi kamu bisa memastikan bahwa mereka masih dalam jalur yang benar. Kamu tidak bisa menahan hal tersebut namun bisa mengelolanya sebagai orang tua.

  1. Perubahan Suasana Hati

Bukan hanya wanita saja lho, yang bisa merasakan perubahan suasana hati tetapi anak remaja laki-laki juga bisa mengalami hal tersebut. Adanya perubahan suasana hati ini sebenarnya dipengaruhi oleh hormon yang ada di dalam tubuh anak remaja laki-laki. Sehingga kamu tidak perlu khawatir dan juga takut sebagai orang tua kamu hanya bisa menanyakan mengenai kenyamanan mereka dan tidak bisa membantu ataupun mengatasi hal tersebut. Tahapan ini dapat membantu mama dalam mengidentifikasi pola pertumbuhan yang dimiliki oleh sama anak.

  1. Kematangan Seksual

Terakhir ciri pubertas yang dialami oleh anak remaja laki-laki yaitu adanya perkembangan kematangan seksual. Sebenarnya kematangan seksual ini dimulai dari tahap pra pubertas yaitu berusia 9 tahun dan akan berjalan hingga di atas 17 tahun. Ciri dari kematangan seksual ini mulai dari secara fisik dan juga dialami secara mental.

Hal inilah yang mungkin menjadi salah satu tantangan bagi banyak orang tua karena seringkali orangtua merasa ragu ataupun malu dan bingung. Bagaimana caranya menanyakan mengenai peringkat kematangan seksual. Hal ini merupakan hal yang tabu untuk dibicarakan. Cobalah cari cara bagaimana untuk memastikan bahwa mereka masih dalam perkembangan mental yang sehat dan tidak menyimpang.

Foto : freepik.com