Cara Mengajak Si Kecil ke Dokter Gigi Secara Rutin

Mendapatkan pola asuh yang tepat untuk bisa diaplikasikan kepada si kecil tentu bukanlah hal yang mudah. Ada banyak sekali tantangan yang harus dihadapi oleh orang tua. Termasuk salah satunya mengajak si kecil untuk memeriksakan diri ke dokter gigi. Sehingga mereka merasa percaya diri dan tidak takut akan kegiatan kesehatan ini? kira-kira bagaimana ya cara mengajaknya berikut ini informasi lengkapnya.

 

Gunakan Bahasa Positif

Ada banyak sekali orang tua yang terbiasa untuk menggunakan bahasa yang negatif sehingga anak akan membayangi, bahwa hal tersebut merupakan hal yang menakutkan salah satunya adalah membayangkan. Bagaimana pergi ke dokter gigi sebaiknya orang tua jujur tidak menjelaskan prosedur pemeriksaan secara detail.

 

Orang tua hanya bertugas untuk membantu memahami apa yang akan dilakukannya di tempat dokter gigi, jelaskan saja bahwa mereka bisa memeriksakan gigi dan juga mendapatkan foto gigi yang mereka miliki. Karena sangat sehat dan juga sering digosok dengan menggunakan sikat gigi. Hal seperti ini tentu saja menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa takut anak.

 

Janga Panik

Kedua tentu saja orang tua harus tenang dan juga jangan panik terkadang beberapa orangtua justru kebalikannya khawatir berlebihan dan membuat anak jadi lebih cemas. Hal ini tentu saja berdampak pada kegiatan mental anak. Terutama bagi mereka yang sering kali mendengar, bahwa pergi ke dokter gigi adalah tempat yang menakutkan.

 

Mereka akan semakin takut dan menghindar untuk bisa memeriksakan diri ke dokter padahal sebelumnya belum pernah melakukan atau mencobany. Untuk itu periksakan anak ke dokter gigi sedini mungkin dan juga melakukan aktivitas tersebut dengan tenang. Karena anak akan mempercayai orang tua,

 

Memuji Keberanian si Kecil

Memuji tindakan bahwa si kecil berhasil datang ataupun pergi ke tempat dokter gigi merupakan hal yang sangat penting. Karena bisa jadi mereka melakukan rasa takutnya atau rasa penasarannya. Sehingga mengikuti apa yang diinginkan oleh orang tuanya untuk bisa memeriksakan diri ke dokter gigi. Memuji kehebatan anak untuk bisa menghadapi dan juga bertanggung jawab atas kesehatan mereka, menjadi salah satu hal yang penting. Sehingga anak akan terbiasa untuk melakukan hal-hal yang positif dan bangga akan berbagai kegiatannya.

 

Pembuktian Anak Bertanggung Jawab

Cara ke-4 yang bisa dilakukan tentu saja mengajarkan kebiasaan untuk merawat kesehatan gigi sehingga tidak ada yang perlu ditakuti. Ketika datang ke dokter gigi sama halnya ketika mereka datang ke sekolah dengan membawa pekerjaan rumah, dan juga buku pelajaran yang sesuai maka guru akan menguji dan juga menjadikan si kecil.

 

Sebagai contoh untuk teman-temannya sebagai orang tua kita bisa menunjukkan bahwa analogi tersebut. Sama halnya ketika mereka datang ke dokter gigi apabila dilakukan perawatan secara rutin dan juga menyikat gigi dengan benar. Bukan hal menakutkan, justru ujian dan juga kehebatan yang bisa didapatkan oleh anak-anak. Dengan hal ini mereka akan membuktikan bahwa sebenarnya ke dokter gigi bukanlah sesuatu yang menyeramkan.

 

Bawa Mainan

Terakhir cara yang bisa dilakukan. Tentu saja membawa mainan kesayangan yang sering digunakan oleh anak. Hal ini untuk membantu menenangkan mereka dan juga menganggap bahwa mainan tersebut, sebagai salah satu cara untuk mengurangi rasa takut mereka mungkin terlihat sepele namun sangat penting untuk anak-anak. Jadi, kamu tidak perlu bingung lagi bukan sebagai orang tua bagaimana caranya untuk bisa mengajak si kecil untuk bisa mengunjungi dokter gigi secara rutin.

Foto : freepik.com