Cara Menenangkan Bayi Menangis yang Ampuh

 

Mendengar bayi menangis tentu saja membuat seorang ibu terutama yang baru saja melahirkan si kecil merasa panik dan juga bingung. Ditambah lagi jika si kecil menangis di tempat umum ataupun di area publik. Sehingga mengganggu kenyamanan orang lain seperti orang tua kita pun seringkali merasa khawatir. Bagaimana caranya untuk bisa menenangkan si kecil sehingga tidak menangis berkepanjangan? berikut ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

 

Mengganti Popok

Pertama cara yang bisa dilakukan sibuk yaitu mengartikan bahwa si kecil tidak mengompol ataupun buang air besar umumnya bayi memiliki sensitifitas yang sangat tinggi. Sehingga ketika mereka merasa tidak nyaman, terutama karena popok yang lembab atau basah mereka akan menangis.

 

Hingga sang ibu menyadari hal tersebut. Jika memang ternyata mereka berasal dari popok, secepat mungkin untuk mengganti dan juga membersihkan area pantat. Agar mereka bisa merasa nyaman kembali dan tidak merasa lembab, ataupun tidak nyaman akibat buang air besar yang dilakukan.

 

Mengayunkan Bayi

Selanjutnya jarak kedua yang bisa dilakukan untuk menenangkan si kecil yang tiba-tiba menangis yaitu mengayun dan juga menggoyangkan tubunya. Umumnya dengan mengayun dan juga menggoyangkan tubuh bayi, mungkin mereka masih merasa menangis. Tapi semakin lama hal tersebut akan membuat bayi semakin tenang.

 

Anda juga dapat menggoyangkan atau menggerakkan tubuh perlahan sambil mengajaknya bicara untuk memastikan atau memberikan rasa tenang kepada si kecil. Umumnya bayi akan merasa lebih baik, apabila mereka mendengar suara dan juga detak jantung dari ibunya. Hal ini seringkali ampuh terutama bagi bayi berusia 0 bulan hingga 18 bulan.

 

Memberikan ASI

Lanjutnya tentu saja diberikan asi ataupun susu karena kemungkinan si kecil menangis yaitu karena lapar ataupun perutnya kosong. Ada rasa tidak nyaman terutama untuk anak laki-laki yang memang memiliki kebutuhan ASI dan juga minum susu yang lebih banyak. Apabila bayi menangis kamu mungkin bisa memberikan susu karena lapar.

 

Tetapi hal ini juga harus diingat oleh si ibu di mana waktu menyusui ataupun minum susu sudah dilewati atau belum. Misalnya saja 10 menit yang lalu baik sudah meminum susu namun ternyata bayi masih menangis, berarti kemungkinan besar atau alasan yang paling besar bukanlah karena lapar dan membutuhkan susu cobalah cari alasan lainnya.

 

Menyanyikan Lagu

Cara ke-4 yang bisa dilakukan yaitu menyanyikan lagu ketika si kecil rewel mungkin terdengar aneh, namun menyanyikan lagu atau memutar musik ternyata bisa membantu si kecil untuk bisa lebih tenang dan juga lebih fokus untuk bisa mendengarkan apa yang dinyanyikan atau yang dikatakan oleh sang ibu. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa musik yang lebat dapat menyebabkan bayi menjadi lebih tenang, ketika beristirahat dan juga tangisan yang lebih mudah berhenti.

 

Menggunakan Penghangat/Pendingin

Terakhir adalah gunakan selimut atau lepaskan selimut hal ini seringkali menangis. Namun sebenarnya sangat berpengaruh pada si kecil gimana bayi merasa terlalu dingin. Sehingga mereka menangis jika memang seperti itu cobalah untuk menyelimuti si kecil dan jangan sampai mereka kedinginan. Selain itu apabila ternyata si kecil berkeringat dan merasa tidak nyaman, segera lepaskan selimut dan juga mengganti pakaiannya yang basah. Karena pakaian yang lembab akan berpengaruh buruk apabila didiamkan.

Foto : freepik.com