6 Manfaat Asam Amino Essensial(AAE) untuk Si Kecil

 

Ada banyak sekali makanan bergizi yang bisa dikonsumsi oleh anak-anak. Tujuannya tentu untuk mendukung tumbuh kembang mereka, agar lebih baik. Salah satunya adalah asam amino esensial atau biasa disebut sebagai 9AAE, yang sering terkandung pada berbagai nutrisi ataupun susu dalam produk bayi dan juga anak-anak. Namun sebagai orang tua, apakah kamu tahu apa sih manfaat asam amino sebenarnya.

 

  • Meningkatkan Otot

Manfaat pertama yang bisa didapatkan ketika mengkonsumsi asam amino bagi sekecil, yaitu dapat membantu mendukung perkembangan otot bayi. Protein yang satu ini berguna untuk membangun otot. Sehingga jika dikonsumsi dalam jumlah yang cukup.

 

Maka dapat membantu perkembangan otot menjadi lebih sehat dan baik lebih cepat untuk berkembang secara fisik. Bagi mereka yang belum bisa berjalan ataupun belum memiliki kekuatan otot kaki yang cukup baik. Kamu bisa memberikan asupan asam amino dan juga vitamin D, sehingga kebutuhan nutrisi kecil tercukupi.

 

  • Meningkatkan Imun Tubuh

Manfaat kedua dari AAE atau asam amino esensial ini, yaitu dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh. Seperti yang kita ketahui bahwa anak kecil rentan terkena penyakit. Karena mereka masih membentuk imunitas tubuhnya secara perlahan.

 

Dengan menggunakan nutrisi ataupun makanan yang masuk asam amino terbukti berperan besar dalam aktivasi serta pembentukan sel darah putih. Sehingga dapat berguna untuk melawan benda asing ataupun kuman yang masuk ke dalam tubuh.

 

  • Mengurangi Alergi

Gejala alergi seringkali timbul pada tubuh si kecil, bisa jadi karena susu sapi ataupun alergi lain. Misalnya saja makanan yang baru dikonsumsinya. Namun bagi si kecil yang mendapatkan asam amino dengan nutrisi yang cukup.

 

Maka mereka akan memiliki toleran yang sangat tinggi. Sehingga tidak mudah mengalami alergi dan aman untuk mengkonsumsi berbagai makanan, termasuk makanan yang memungkinkan alergi untuk terpicu seperti ikan dan juga susu.

 

  • Mengontrol Metabolisme Tubuh

Apabila orang tua khususnya ibu ingin membantu melancarkan pencernaan sekecil dan juga mengontrol metabolisme yang ada di dalam tubuhnya. Maka asam amino ini merupakan nutrisi yang paling tepat. Karena dengan mengkonsumsi asam amino metabolisme atau pembakaran yang ada di dalam tubuh si kecil, menjadi terarah dan juga terkontrol.

 

Mereka bisa mendapatkan nutrisi dan juga menyerap nutrisi secara maksimal, dari makanan yang masuk ke dalam tubuh. Di sisi lain protein yang ada pada asam amino dapat meningkatkan perkembangan sel di dalam tubuh. Sehingga mereka menjadi lebih sehat dan memiliki tumbuh kembang yang normal.

 

  • Menjaga Keseimbangan Cairan

Kita tahu bukan bahwa anak-anak masih belum bisa mengkonsumsi makanan terlalu rumit ataupun kompleks. Umumnya mereka hanya bisa mengkonsumsi susu ataupun makanan dengan tekstur yang lembut. Selain itu varian makanannya juga masih berputar antara buah sayur dan juga ikan atau ayam.

 

Dengan begitu apabila si kecil mengkonsumsi asam amino mereka bisa mendapatkan nutrisi dan juga menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh. Berbeda dengan orang dewasa yang mungkin mengandalkan minuman bernutrisi ataupun air putih si kecil, bisa menggunakan asam amino ini.

 

  • Mengoptimalkan Hormon Serotonin

Terakhir manfaat yang bisa didapatkan dari asam amino yaitu membantu mengoptimalkan produksi hormon serotonin yang ada pada si kecil. Hormon serotonin ini berfungsi sebagai neurotransmitter, yang nantinya menghantarkan sinyal antara jaringan saraf tubuh.

 

Selain mempengaruhi suasana hati hormon ini juga dapat membantu untuk meningkatkan atau memaksimalkan fungsi hati. Sehingga dapat melakukan pembekuan darah, pembentukan tulang, dan juga melancarkan sistem pencernaan lebih baik lagi.

Foto : freepik.com