6 Hak Anak yang Sering Disepelekan Orang Tua

 

Ada banyak orang tua yang merasa bahwa dengan kewajiban mereka melindungi dan juga mengajarkan si kecil. Seringkali merasa inferior, orang tua kadang mengabaikan hak-hak yang dimiliki oleh anak. Padahal sebenarnya sang anak berhak menerima beberapa hal yang sudah menjadi ketentuan mereka loh.

 

Hak anak ini bahkan disahkan dalam konferensi anak oleh PBB. Karena saking pentingnya dalam pemenuhan hak anak berdasarkan keputusan presiden nomor 36 tahun 1990. Pemerintah Indonesia juga menghormati mengenai hak-hak anak. Kira-kira apa saja ya yang dimaksud?

 

  • Mendapatkan Rekreasi

Pertama hak yang wajib kita penuhi sebagai orang tua kepada anak-anak yaitu hak untuk mendapatkan rekreasi. Jangan salah ternyata rekreasi juga menjadi salah satu hal yang paling penting lho.

 

Walaupun hanya pergi menonton film ataupun biarkan mereka bermain dengan teman sebaya dan juga berjalan-jalan. Hak tersebut nyatanya wajib dipenuhi oleh orang tua walaupun adanya penundaan, namun hal tersebut harus dilakukan ya.

 

  • Mendapatkan Kesamaan

Selanjutnya hal yang harus dipenuhi oleh orang tua yaitu mendapatkan Kesamaan. Setiap anak memiliki hak yang sama baik untuk tumbuh berkembang dan juga tidak dibedakan . Brdasarkan jenis kelamin suku, budaya, agama, serta latar belakang ekonomi. Semua anak berhak mendapatkan fasilitas yang sama dan juga memenuhi kesempatan, untuk bisa dan belajar serta bermain sesuai dengan keinginannya.

 

  • Mendapatkan Pendidikan

Hal ini mungkin sering kali menimbulkan pro dan kontra, tetapi hak untuk mendapatkan pendidikan merupakan hal yang paling penting yang wajib dipahami oleh orang tua. Mendapatkan pendidikan, bukan berarti orang tua berhak mengatur keseluruhan kehidupan dan juga cita-cita sampai pemenuhan yang diinginkan.

 

Tetapi sebagai orang tua wajib memberikan pendidikan yang layak kepada anak dan juga mendukung mereka dengan pendidikan. Maka anak dapat melihat dunia menjadi lebih baik dan mengasah berbagai nilai kehidupan. Biarkan mereka mencapai keinginannya di masa depan. Pendidikan yang dimaksud bukan hanya mendapatkan pendidikan secara formal namun juga mendapatkan pendidikan karakter.

 

  • Hak Pemenuhan

Hak pemenuhan lainnya yang wajib dimiliki yaitu memiliki kewarganegaraan mungkin beberapa dari kamu menikah dengan orang luar negeri. Hal ini menjadikan sang anak memiliki dua kewarganegaraan.

 

Nyatanya akte kelahiran adalah bekal dokumen yang paling penting ketika nanti mereka dewasa. Hak untuk memilih kewarganegaraan sesuai dengan keinginannya harus dikembalikan kepada sang anak. Pemilihan ini tidak bisa diintervensi oleh orang tua. Misalnya sang ayah dari indonesia atau ibu yang berasal dari luar negeri atau sebaliknya, dan memaksa anak untuk mengikuti salah satunya.

 

  • Mendapatkan Makanan

Nutrisi dan juga makanan merupakan hal yang paling penting yang dibutuhkan oleh anak-anak. Dengan adanya makanan maka mereka bisa tumbuh dan berkembang sesuai dengan waktuny. Namun nyatanya makanan ini merupakan hak yang wajib dipenuhi oleh orang tua.

 

Ternyata mereka berhak mendapatkan ASI eksklusif akan hingga makanan keluarga yang sangat sehat. Walaupun memang sulit untuk dipenuhi terutama bagi keluarga yang memiliki kondisi ekonomi kurang baik. Hal tersebut diharapkan bisa diberikan oleh semua orang tua demi kebaikan sang anak.

 

  • Akses Kesehatan

Terakhir pemenuhan hak yang wajib dipenuhi yaitu adanya akses kesehatan perlu dipahami bahwa kesehatan merupakan hal yang paling penting. Bukan hanya untuk dibawa berobat ketika sakit.

 

Tetapi mereka juga harus memenuhi standar nutrisi. Misalnya imunisasi, makanan yang sehat dan juga mendapatkan pemeriksaan gigi setiap 6 bulan sekali bahkan sejak kecil. Mereka sudah berhak untuk menerima fasilitas, untuk pemeriksaan dari posyandu yang harganya tidak terlalu mahal,

Foto : freepik.com