10 Cara Ekspresikan Rasa Sayang

Pada dasarnya, mengekspresikan rasa sayang merupakan bagian dari pola pengasuhan yang sangat menyenangkan. Ini merupakan hal yang sangat penting dan mudah untuk dilakukan namun akan terasa sulit jika tidak terbiasa untuk melakukannya. Mengungkapkan atau mengekspresikan rasa sayang kepada keluarga dapat dilakukan kapan saja.

Jika hal ini sering dilakukan orangtua terhadap anaknya maka dapat membantu pembentukan karakter anak menjadi lebih positif. Otak yang selalu dipenuhi dengan kalimat positif dan ungkapan cinta akan membantu anak untuk tumbuh menjadi pribadi yang lebih sehat dan menyenangkan.

Adapun manfaat mengekspresikan rasa sayang untuk anak:

  • Dapat meningkatkan ikatan emosional antara ibu dan anak
  • Menambah kedekatan ibu dengan anak
  • Membentuk anak menjadi pribadi yang lebih positif, percaya diri, dan memiliki konsep diri yang positif
  • Dapat membantu anak untuk memiliki kematangan emosi yang lebih baik.

Adapun manfaat mengekspresikan rasa sayang untuk ibu:

  • Dapat menambah rasa cinta anak kepada sang ibu
  • Membuat ibu merasa dicintai dan dihargai
  • Anak menjadi lebih menghargai dan memaknai peran serta pengorbanan sang ibu didalam hidupnya.

Nah, sebenarnya banyak sekali hal sederhana yang bisa dilakukan untuk mengekspresikan rasa sayang. Berikut cara-cara untuk mengekspresikan rasa sayang anak kepada sang ibu:

1.Mengungkapkan dengan kata-kata/ucapan

Anak dapat mengekspresikan rasa sayangnya kepada sang ibu melalui kata-kata. Misalnya ketika pagi sang ibu telah menyiapkan sarapan maka anak dapat mengatakan “Terima kasih Ibu untuk roti bakar dan susunya.  Aku jadi lebih bersemangat hari ini. Aku sayang sekali sama ibu” . Hal ini juga bisa dilakukan sambil anak mengecup pipi sang ibu atau ketika bersalaman pamit untuk berangkat ke sekolah.

2.Membuat tulisan kata-kata ungkapan rasa sayang

Ungkapan sayang juga bisa diberikan melalui tulisan. Misalnya pada moment-moment tertentu seperti hari ulang tahun atau ketika hari ibu. Sang anak bisa menuliskan ungkapan sayangnya kepada sang ibu memalui secarik kertas atau kartu ucapan. Contohnya, “Selamat hari ibu, aku bahagia memiliki ibu yang sangat hebat.  Aku menyayangi ibu”.

Lalu surat ini bisa diletakkan di meja kerja sang ibu atau di meja samping tempat tidur, atau dimana saja yang mudah terlihat oleh sang ibu. Pesan singkat yang anak tuliskan ini memang sangat sederhana namun ini sangat berarti bagi karena dapat membuat sang ibu merasa dicintai dan dihargai.

3.Membuat puisi

Ada anak yang terlalu malu untuk mengungkapkan perasaan sayang pada ibu secara langsung.  Lalu, ia membuat puisi untuk ibunya. Anak menuangkan semua perasaannya untuk ibu ke dalam rangkaian kata-kata sehingga membentuk kalimat yang indah. Lalu, anak bisa memberikan puisi tersebut kepada sang ibu atau membacakannya di depan sang ibu.

4.Membuat gambar/lukisan

Membuat gambar atau lukisan juga bisa dilakukan sebagai bentuk ungkapan cinta kepada orangtua. Anak yang mempunyai hobi menggambar mungkin akan terasa lebih mudah dan menyenangkan mengekspresikan perasaannya dengan cara ini. Contohnya, anak bisa menempelkan hasil gambarnya pada kulkas, dan tidak lupa juga menuliskan pesan singkat pada gambar “Aku sayang ibu” atau “Aku merasa sangat beruntung memiliki ibu”.

5.Memberi hadiah

Memberikan hadiah juga merupakan salah satu cara untuk mengungkapkan perasaan sayang kepada ibu. Hal ini tidak hanya bisa dilakukan di momen spesial saja. Memberikan hadiah bisa dilakukan kapan saja kita mau. Ada anak yang bisa menyisakan sebagian dari uang saku untuk membelikan  hadiah untuk sang ibu.

Tidak perlu hadiah yang mahal karena pada dasarnya bukan harga dari barang tersebut yang membuat sang ibu bahagia. Akan tetapi, niatnya dan ungkapan yang rasa sayang yang diterima sang ibulah yang membuat bahagia. Sebagai contoh, anak bisa membelikan makanan kesukaan ibu atau juga bisa memberikan setangkai bunga untuk ibu.

6.Membuatkan kue/masakan

Ungkapan rasa sayang juga bisa ditunjukan melalui aktivitas yang dilakukan bersama-sama. Aktivitas yang dilakukan bersama antara ibu dan anak dapat membangun ikatan emosional yang lebih kuat atau yang biasa disebut dengan kelekatan (attachment). Kelekatan (Attachment) merupakan ikatan emosional yang positif antara seorang anak dengan ibu.

Kelekatan yang terbentuk secara alami sejak bayi ini dapat  memengaruhi hubungan individu tersebut dengan orang lain hingga akhir hidupnya. Itulah sebabnya aktivitas yang dilakukan bersama-sama antara ibu dan anak dapat meningkatkan ikatan emosional dan menunjukkan perasaan saling mengasihi satu sama lain. Sebagai contoh, aktivitas yang bisa dilakukan antara ibu dan anak perempuannya adalah dengan masak bersama atau sekadar membuat kue. Sedangkan aktivitas yang bisa dilakukan sang ibu dengan anak lelakinya seperti bersepeda bersama atau lari pagi bersama.

7. Mendoakan ibu

Mendoakan merupakan salah satu cara anak untuk berbakti kepada sang ibu. Hal ini juga dianjurkan di dalam beberapa kitab suci. Mendoakan keselamatan dan kesehatan bagi ibu dapat dilakukan kapan saja, terlebih ketika sedang beribadah.

8. Memberikan kejutan kecil

Berikan kejutan-kejutan kecil untuk sang ibu. Tidak harus dihari specialnya saja.  Anak bisa melakukan di hari-hari biasa, misalnya mengajak Mama makan siang bersama di sela-sela kesibukan.

9. Mengambil alih pekerjaan rumah tangga

Sesekali melakukan pekerjaan rumah tangga yang selalu dilakukan oleh ibu seperti mencuci piring, mengepel, memasak dan membersihkan rumah juga dapat dilakukan sebagai ungkapan rasa sayang terhadap ibu. Dengan melakukan semua pekerjaan ini artinya kita memberikan ibu waktu untuk beristirahat dari rutinitas yang selalu ia lakukan dengan baik. Ibu akan merasakan bahwa anak menyayanginya.

10. Berikan pelukan sebagai ungkapan sayang

Kontak fisik merupakan hal yang paling sederhana yang bisa anda lakukan untuk mengungkapkan rasa sayang terhadap ibu. Anak dapat memberikan pelukan dan ciuman kepada ibu dan katakan “Aku menyayangi ibu” atau sekadar mengatakan “ Aku kangen sekali dengan ibu”. Meskipun sangat sederhana namun pelukan dapat memberikan makna yang dalam untuk mengekspresikan rasa sayang. Ibu dapat merasakan betapa tulus rasa sayang anak terhadapnya.

Namun sebaliknya, jika orangtua jarang mengekspresikan rasa sayang dan cintanya atau justru lebih sering menggunakan kalimat negatif dalam pola pengasuhan, dapat membentuk karakter anak menjadi anak yang tidak percaya diri, kurang memiliki rasa empati, mudah cemas dan merasa insecure (tidak aman).(hil)

Foto: freepik.com