Psikolog Anak ~ bantuan psikologis untuk buah hati Anda

  
 PsikologAnak.com    Forum     Ngobrol Yuk!     Contact Us   
Kami menyediakan bantuan psikologis untuk anak, diawasi oleh psikolog berpengalaman.

PsikologAnak.com

Berikan komentar di sebelah kanan.

wahyu: anak saya sudah umur 4 tahun lebih belum bisa berbicara, bagaimana ya cara mengatasinya ?
dana: anak saya umur 2 th 10 bln tapi blm bisa ngmg.. bgmn bagusnya yah??
siska youlanda: anak saya umur 6 thn.prmasalahannya bgaimana cara membuat anak saya bisa konsentrasi,tipe anakku tipe anak yg aktif sekali sepertinya yg ada dlm pikirannya hanya bermain saja saya khawatir dengan prestasinya dsekolah...bagaimana cara mengatasinya?
fernanda: sy pny anak 6th,laki2. Disekolah sbnrnya dia bs menerima semua mata pelajaran. Bhkan waktu kenaikan kelas dr TK A ke TK B peringkat 3. Untk soal berhitung,tanya jawab dia bs semua. Cuma kalo disuruh menulis agak malas,didlm kelas anak sy susah diam.berjalan2,menggoda teman dan banyak omong. Bila dia konsentrasi slu dpt bintang 4,tp bila tidak konsentrasi atau lagi bad mood,mendapat bintang 2. Sy takut bila terus seperti itu.. Waktu nti di sekolah dasar tidak disukai guru,dan ketinggalan pelajaran.. Bagaimana ya cara mengatasinya..
funfun: anak saya umur 5th 3bln (Laki-laki). Permasalahannya bagaimana cara mendidik/mengajarkan agar anak saya tidak menjadi anak yg minderan jika berada di lingkungan ramai (khusunya jika dengan org lain , bukan family). padahal jika dilingkungan family, dy cukup aktif malahan sering hyper. di sekolah (TK) pun anak sy lebih banyak beraktifitas sendiri atau dgn temannya yg ga terlalu aktif. padhl tmn2 yg lain sngat aktif. Yang saya takutkan jika sikap/perilaku ini smpe dy tumbuh besar... mohon saran.. thx
nurmaida manihuruk: anak saya umur 3.6 bulan. masalahnya Anak saya suka sekali buat sesuatu hal yg buat kita orang tuanylasaa jd marah, setiap saya gendong atau pangku adiknya pasti dia minta digendong juga. pertanyaan saya gmaqna cara mengatasi nya
lulus: anak sy usia 4 th,sejak dia umur 2 th sy ti2pkan d TPA,usia 3th PAUD seplang dr sekolah kembali ke TPA lg,tp mulai Des'12 dia mogok sekolah bahkan g mau diti2pkan lg,ktnya takut sama salah satu gurunya d TPA,akhirnya mulai Jan-skrg sy tunggu d PAUD stlh itu ikut d tmp kerja sy,pernah sy tinggal nangis g karuan dan pg harinya g mau sekolah,akhirnya sy tungguin lg tp takut kl sy tinggal lg...bgmn cara menghilangkan rasa trauma itu,sy takut kl kbwa sampai besar?ma ksh atas sarannya
Anggita: selamat siang, saya mau minta tolong infokan cara penanganan bagi seseorang yg selalu bermasalah trhadap pengajar disekolahnya, setiap jenjang pasto selalu bermasalah terhadap guru disekolah, sehingga ada perubahan.
arsyin: Bagaimana mengatasi ank Saya belum bsa bicara kata dokter ank Saya autis hiperaktif mohon nya
Anonim: bagaimana mengatasi anak yang punya hobi mengambil uang dari orang tuanya padahal segala kebutuhannya dipenuhi.sedangkan anak saya usianya 8 tahun dan uang itu dihabiskan untuk traktir temannya.dengan cara diingatkan sudah dipukul sudah tapi mengulanginya lagi.mohon bantuan bagaimana cara menanganinya
ugie: anak saya terkesan tidak pede, tidak lancar dalam bicara normal sebagai mana umur 9thn pada umunya...bila bicara pelan, terkesan tidak pede, tidak bisa menjabarkan komunikasi yang baik,,,bagaimana memberi rasa percaya diri buat anak usia spt dia.
pipit: anak saya perempuan umur 7 thn. Anak saya tidak bisa diam, selalu saja ada yg dikerjakan, dalam belajar dia agak susah disuruh belajar tp kalo mengaji dia rajin skali. Kalo disekolah menurut gurunya bisa menerima pelajaran tapi kadang main sendiri kalo tidak ya usil ke temannya, kadang suka mencubit teman nya sampai luka, bagaimana mengatasi hal spt itu yaa, biar anaknya jd anak yg baik tidak suka mencubit, mau belajar dan mau mendengarkan omongan orang tua (ayah/mama/neneknya)
Afit: Anak saya laki-laki sekarang berumur 27 bulan (2 tahun lebih 3 bulan), saya sangat khawatir karena sampai saat ini anak saya tidak mau makan nasi walaupun variasi lauk pauknya sudah dicoba, tetapi kalau makan bubur dimakan. Perlu diketahui semenjak umur 2 bulan anak saya sudah minum susu formula sampai sekarang, karena ASI istri saya sangat kuranng. Tetapi pertumbuhan anak saya sangat bagus dibanding anak seusianya. Yang saya khawatirkan anak saya sampai besar nanti tidak mau makan nasi. Saya mohon petunjuk bagaimana cara mengatasi atau mengakalinya biar anak saya mau makan nasi. Terimakasih.
 
Klik di sini untuk memberi komentar
santi agnes Sabtu, 17 September 2011 | 22:35 WIB
Dear Ibu/bpk,

saya seorang ibu dgn 2 orang anak, anak sy yg no 2 tgl 14 sept kemarin
genap ber usia 9 thn dan duduk di kelas 2, dia sdh 2 x tinggal kelas
yg pertama dia tinggal kelas di kelas 1 dan thn lalu dia tinggal kelas
di kelas 2

Dia bisa mengerjakan soal2 yg diberikan di sekolah tapi masalahnya dia
malas utk menulis soal, catatan yg di berikan di sekolah dan senangnya
hanya bermain2 saja di kelas

jika soal di berikan dlm bentuk lembaran yg dia hanya tinggal mengisi
dia akan isi dan hampir benar semuanya
tp jika dia harus menyalin soal itu yg tdk pernah di kerjakannya

sehingga nilai harian dia selalu kosong dan nilai2 yg di dpt dr midd
semester atau pun ijian semester yg mana soal2nya sdh ada dan dia
tinggal mengisinya tdk pernah menolong utk kenaikan kelas.

hal ini masih berlangsung s/d saat ini sy takut dia tdk naik kelas lg
jika di rmh dia mau menulis selama ada yg mengawasinya terus

bagai mana cara sy utk memotivasi dia agar di sekolah meskipun tdk ada
saya atau pun tdk ada guru yg slalu mengawasinya dia mau slalu menulis
dan dia termotivasi utk belajar

mohon sarannya 


terima kasih sebelumnya atas perhatian ibu/bpk
shinta meylia rahman ¢ Sabtu, 19 Mei 2012 | 20:48 WIB
ass.maaf sebelumnya saya mau nanya..bagaimana dengan cara orang tua
yang mendidik anaknya dengan super overprotektif..sementara anaknya
tersebut gk mw setiap detik di tnya2 atau ditelvon..
anaknya mau bebas dan kasih kepercayaan aja kpd anak tersebut.jgn
terlalu bnyk tanya krna t membuat anaknya risih.
iwang nirwana Kamis, 9 Agustus 2012 | 11:43 WIB
anak saya berusia 2 th.seorang laki laki.untuk sekarang ibunya sedang
mengandung dan berusia 5 bulan...
setiap hari anak minta dituruti keinginannya apapun bentuknya..jika
menolak maka ia akan mennagis keras tanpa henti.jika tidak ada saya
dia menjambak atau memukul perut ibunya..padahal perhatian msh selalu
ke anak pertama...
saya bingun kalo dia sudah menangis..sangat susah kecuali dituruti
keinginannya.sementara bahasanya belum terlalu jelas keinginannya
apa..kira kira gimana solusinya
zakiyah umami Minggu, 7 Oktober 2012 | 20:47 WIB
assalamu'alaikum...sy mau tanya, yg pertama, anak saya usia 2 th klu
dia mau BAB sulit karna tersugesti rasa jijik ketika melihat
kotorannya sendiri, jd setiap dia BAB selalu menangis karna jijik
akhirnya BAB nya ga'mau keluar, kalupun keluar hanya sedikit sekali.
gimana supaya anak saya tidak merasa jijik ketika melihat kotoranya
sendiri?
.yg kedua, anak saya tidurnya terlalu malam kadang sampai jam setengah
12 malam apakah tidak berpengaruh terhadap kesehatanya?? dan gimana
caranya agar anak saya tidurnya tidak terlalu malam???trimakash
seelumnya dan mohon bantuannya...
rico septiana Minggu, 18 November 2012 | 20:38 WIB
saya ingin bertanya, anak saya berumur 2 tahun 3 bln, kenapa anak saya
begitu malu/ takut ketika bertemu dengan orang yang baru dikenalnya.
ketika orang tersebut menyapanya dia pasti merangkul serta menutup
matanya? apa yang mungkin harus kami lakukan sebai orangtua?
lala Kamis, 29 November 2012 | 01:26 WIB
Slamat м̣̣̥̇̊ά̲̣̣̣̥ℓά̲̣̣̣̥м̣̣̥̇̊, saya ingin
bertanya saya punya anak 2, kakaknya seorang perempuan usianya 9th
adiknya laki" usianya 7th. Kakaknya suka berbohong ( saya sering
membuktikannya) contohnya berbohong tentang nilainya di sekolah dan
Ɣªηƍ terakhir dia berbohong waktu pulang sekolah jam 17.00 dia SMS
tidak usah dijemput karena dia mau naik angkot bareng temannya, tetapi
ketika dia sms saya posisi saya sudah didepan sekolanya, lalu saya
membalasnya dengan menjawab "iya" tetapi saya tetap melihatnya dari
jauh, dan benar saja dia tidak pulang naik angkot tetapi dia bermain
di kebun samping sekolah dan bermain lumpur,, pertanyaannya bagaimana
cara saya untuk mengubah perilaku suka berbohong anak saya
itu,,,,thanks
dewi sartika Jumat, 18 Januari 2013 | 20:19 WIB
to the point aja ya mbak.....
sya ibu dari 4 orang anak (2 anak tiri + 2 anak kandung)
anak tiri saya yeng kedua (perempuan) sering bohong dan banyak akal.
misalx waktu shalat dia hanya berwudhu dan setelah itu lama" berdiam
diri di kamar. ga lama keluar kamar dan bilangx udah shalat ternyata
ga shalat.
gmana ya carax biar dia bisa berubah dan din apa yg dengerin apa yg
kita sampaikan ke dia.
trims
Ade Selasa, 22 Januari 2013 | 11:10 WIB
Saya ingin bertanya mbak...
anak saya umur 10 th (perempuan) susah sekali utk diberi kepercayaan,
klw plg sklh tdk di jmpt dia akan main dulu tdk lgs plg, klw berbuat
salah suka ngeless (tdk jujur), akhir2 ini dia suka mengambil uang di
lemari saya & untungnya ketahuan, gimana ya caranya biar dia bisa
berubah? ...thanks
Tarsidik Rabu, 30 Januari 2013 | 21:51 WIB
anak saya punya masalah dengan perilaku dan sekolahnya (SMU Kelas XI),
saya berniat untuk konsultasi dengan psikolog anak, apa ada untuk
wilayah III Cirebon tempatt praktek psikolog anak?
Terimakasih informasinya.
ibu atik σ Jumat, 1 Februari 2013 | 07:35 WIB
saya punya anak 2(umur 4th TK kecil, laki-laki, umur 2th permpuan) yg
kakak kalo minta mainan kudu dituruti kalo ga marah_marah, kalo
dinasehati seringgnya jawab,sering ngambek,sebenarnya kakak sayang
sama adiknyatp kalo pas bareng adeksering bertengkar rebutan mainan
dan juga adeknya gak mau kalah berani sama kakaknya, berasa mainannya
diambil kakaknya kadang suka cubit kakaknya. saya sbgai ibu selalu
marah- marah capek nasehati terus, kmerasa kasihan juga wktu liat
anak-anak tidur ,saya belum biisa jadi ibu yang baik . mbak... saya
minta solusinya bagaimana mengatasi anak-anak saya ini. saya mengasuk
anak sambil buka toko mbak jualan jadi repot minta ampun.
NOVAPATMAWATY@YAHOO.COM Jumat, 8 Februari 2013 | 11:00 WIB
Ass.mbk,aq punya anak 3(lki2smua).ank yg 1sulit skli dksh tau,d atur,d
ajrkn hal yg baik yg tentu sja u kbaikannya sndri.d ddk dg lemah
lembut  melawan d ksh tau dg cra kasar(smpe d pukul dll) bru dia nurut
n tentu sj menangis n d ualangi lg kslahannya.sy mrsa sptnya tdk
sanggup n gagal mnddik anak sndri dlm sgla hal.bgimna solusinya
ya?ksian adik2nya,jd kurang prhatian krn abngnya?trimaksh.wss
tri setyowati ¥ Kamis, 21 Februari 2013 | 17:45 WIB
Assalamualaikum wr wb , Mbak mohon sarannya ya , saya punya anak
berumur 6 thn laki laki , anak sy ini aktif sekali dan maunya main
saja , susah nurutnya nah yg membuat saya pusing , anak saya sering
sekali bermain dengan kelaminnya kalau diingatkan dia marah sekali
,dan sy baru tau sekarang ini karna waktu itu msih aktif bekerja ,
bagaimana caranya ya mbak biar anak saya tdk bermain kelamin terus
muhammad ali murtadlo Sabtu, 30 Maret 2013 | 06:54 WIB
assala mu'alaikum wr. wb mau tanya jika didalam keluarga ada 2 saudara
( ali dan umar ), jika ali mau makan selalu cuci tangan dan berdo'a
dulu sedangkan umar langsung makan aja tidak usah cuci tangan atau
berdo'a dulu. terus kita harus mengatakan apa kepada kedua anak itu (
ali dan umar )?

terima kasih banyak atas jawabannya...

wassalamu'alaikum wr. wb
Nur mualif Þ Minggu, 7 April 2013 | 01:02 WIB
Selamat Pagi dan Salam Kenal,

Saya seorang ayah dari 2 anak laki - laki, anak pertama kami usianya 8
tahun duduk di bangku kelas 1 SD. 
Kecenderungan anak pertama kami sejak kecil susah sekali konsentrasi.
Baik saat belajar di rumah, di sekolah, mengaji, serta di tempat lest
nya.

Dan kebiasaan malas mencacat pelajaran serta tugas -tugas seprti PR
yang dia harus nyalin dari papan tulis. 
Apabila anda berkenan kami bermaksud untuk datang langsung dan
berkonsultasi mengenai hal ini.

Demikian saya sampaikan, atas respon positif serta kesempatan yang di
berikan sebelumnya saya mengucapkan terima kasih.

Salam Hormat
Alif
bu indah Þ Rabu, 22 Mei 2013 | 10:46 WIB
saya ibu dengan 2 orang anak laki-laki yang satu berusia 5 th & yang
satu 24 maret lalu genap berusia 7 th dan duduk dikelas 1 sd, saat ini
mendekati test kenaikan kelas, saya khawatir anak saya tinggal kls.

dia sdh bisa membaca tetapi tidak mengerti dengan apa yang dibaca,
conth: ada pertanyaa: "kebersihan kls mnjdi tanggung jawab?: "
pertanyaan seperti itu saja dia tdk bisa menjawab.
apabila ada pr dia hanya bisa menbaca soal tanpa tau apa yg hrs
diisi.

begitu juga disekolah pada saat dia mengerjakan soal ujian hampir
rata-rata soal esai tdk diisi krn dia tdk tau meskipun hanya soal
sederhana mengenai keseharian.
 makanya nilai harian untuk soal latihan yg dikerjakan diekolah selalu
mini dan nilai testnyapun tidak ada yang bagus.

kalau ada PR ato ada pemberitahuan apapun dari gurunya dia tidak
pernah menyampaikan kpd sy ( orangtua ) selalu saya tanya kpd guru
atau temanya melalui sms atau tlp krn posisinya sayaa bekerja. dia
juga tdk pernah mau mengumpulkan PR kalau tdk di paksa untuk
mengumpulkan.

hal ini masih berlangsung hingga saat ini.saya takut dia tdk naik kls.
krn klo disuruh belajar hrs selalu diawasi klo tdk dia akan seenaknya
dan malas-an ( posisi kepala di taruh dimeja).

bagaimana caranya agar saya dapat memotivasi anak saya agar dia bisa
mengerti dengan pelajaran dan tanggap dengan apa yang disampaikan oleh
gurunya.

mohon saranya,

terima kasih atas perhatian dan saran Bapak /Ibu
ugie ¢ Jumat, 11 Oktober 2013 | 16:05 WIB
saya pny anak laki2 umur 9thn kelas 3 SD. Secara keseluruhan sy
melihat dia tumbuh normal seperti anak lainnya. Tapi saya merasa anak
saya seperti menuyimpan "sesuatu" dlm diri . Dia kalau bicara sangat
pelan , terkesan tidak pede.. sedangkan saya sebagai ibunya sangat
tegas bila bicara terkesan galak.. Perlu digaris bawahi bahwa kami msh
tinggal bersama dengan orangtua saya, yg notabene orangtua saya(bapak)
sangat galak , kaku , kolot, tegas cenderung otoriter. Kesimpulannya
saya merasa apakah problem watak keluarga ini memepengaruhi
physicologis anak saya? Apakah msh bisa di "restart" sehingga karakter
anak saya bisa normal selayaknya anak2 yg pny Percaya diri yg wajar
cenderung mengarah pada kebaikan..saya butuh saran dan pendapat..
thank you
yoyoh rokayah θ Jumat, 31 Januari 2014 | 16:58 WIB
saya seorang ibu yang memiliki 3 anak, anak pertama laki2 yang
sekarang kelas 2 smp, yng kedua perempuan sekarang kelas 2 sd, dan yg
ketiga laki2 skrng umurnya 2.5 th blm sekolah. yang menjadi permasalah
saya adalah anak pertama tidak ada semangat sekolah, padahal kalo saya
perhatikan dia tidk terlalu di bawah rata2 untuk nilai pelajarannya,
namun dia suka membolos (dari rumah pergi sekolah namun tdk nyampe
sekolah) saya sering di panggil oleh guru bp, pd saat di tanya dia
berjanji tdk akan mengulanginya lg tp buktinya dia hanya omongan saja
dan selalu mengulangi lg, saya selaku orangtua sudah angkat tangan,
sdh tidak mampu, sy harus bagaimana ya untuk mengatasi permaslahannya
ini, mohon sarannya...

terima kasih
Wahyu % Sabtu, 12 April 2014 | 22:53 WIB
Selamat Malam...
Saya ayah dari 2 anak, anak yang pertama laki2 sudah umur 4,5 th, dan
sudah saya masukan ke PAUD dengan tujuan untuk bisa bermain dan
bersosialisasi dengan teman2nya.
tetapi anak saya lebih cenderung diem dan takut untuk bermain dan
bersosialidsasi dengan teman2nya.
padahal kalau sama saudara2 nya langsung bisa bermain bareng, kejar2an
lari2an...
Bagaimana cara saya untuk bisa melatih anak saya lebih berani untuk
berinteraksi dengan teman2 laing yang bukan saudaranya...?
saya mohon sarannya..
Terimakasih

Mau komentar? Mau diskusi? Silakan tulis pesan: 
Nama:  
Website:  
Email:  
Nomor HP:  
Pesan:  
Nama tokoh wayang:  gatot
Beritahu teman-teman Anda:
Share on Facebook Share on Twitter


Copyright © 2014 Psikolog Anak   |   About   Privacy   Contact