Psikolog Anak ~ bantuan psikologis untuk buah hati Anda

  
 PsikologAnak.com    Forum     Ngobrol Yuk!     Contact Us   
Kami menyediakan bantuan psikologis untuk anak, diawasi oleh psikolog berpengalaman.

PsikologAnak.com

Berikan komentar di sebelah kanan.

rara: anak laki2 usia 7thn susah banget disuruh belajar, apalagi kalau les sekolah terutama privat. susah klo disuruh ngaji, pikirannya nonton kartun saja. sampai2 anak saya sdh berani berbohong les pdhl tdk les, berbohong ngaji pdhl tdk mengaji. karena takut saya marahi... bagaimana solusi nya supaya anak saya suka belajar dan ga hrs nonton atau main terus
yulia: Anak saya umur 6th anak saya aktif tp dia lebih suka main m cewk gimana cara mengatasiny
via: saya mempunyai anak cewek umur 6thn 4bulan.kmrn saya membawa putri saya keklinik syaraf krn saya tkt krn 2thn yg lalu putri saya kena bell palsy.kmrn putri saya mengeluh matanya skt trs saya perhatikan knp putri saya mata kedip kedip trs.trs saya bw putri saya keklinik saraf.kata dktr anaknya musti diperiksa kepsikolog anak.putri saya cemburu dgn adiknya cewek umur 1thn 4bulan.dia tdk sk dgn adeknya krn cewek.trs krn perhatian kita smua dibagi dua.buat adeknya dan kakaknya.sejak punya adek knp putri saya sll ada aja yg membuat saya mrh dan kesal.saya tgl ditangerang sdgnkn papanya diygy.saya bukannya tdk mo ikut ma papanya cm saya tdk cocok dgn keluarga suami.slm ni suami msh tgl jdi satu dgn keluarganya.yg saya tdk sng ma keluarga suami krn lbh perhatian dgn anak adek ipar.makanya sya lbh baik tgl ma org tua saya.saya kepengen suami saya hdp mandiri.saya kepengen merasakan bgmn hidup bersama dgn suami dan anak.yg mo saya tanyakan cara mengatasi sikap putri sya.
eva: Saya mau tya anak saya cwek umur 5th gimana cara mendidik ank lewat telpon karena saya kerja sebagai tki and
sisi: gimana cara agar anak mau mengumpulkan pr umur anak saya 6tahun kelas 1 sd. saya selalu merasa cemas menghadapi masalah sekolah anak gimana agar antara saya dan anak bisa sama-sama tenang.mhn solusinya.trims
Bastian: Anak saya cowo umur 6 thn 7 bln kls satu.SD sy lihat belajar dia selalu inggat main.....bagaimana cara supaya dia belajar tekun?
Oghy wuwur: Ingin sy tanya........kenapa tiap kali sekolah bilangnya malas..umur 5 thn sekolah TKK ,bagaimana caranya supaya dia rajin?
dewi: saya punya anak usia 9 thn.kalo d srh sklh sll mogok katanya tkt sm guru klsnya.katanya gurunya galak jd dia mintanya sklhnya d anterin trs.ppdhl kalo d rmg apa apa sndri g prnh d temenin.apalagi kalo ngaji dia sll brngkt sndri.aku heran knp sklh ga berani.gmn cr nya biar anaku berani sklh sndr lg
ria: Bagaimana cara mengatasi anak laki laki umur 9 thn yang bermasalah
kadek suwantari: Anak saya laki tapi gaya bicaranya seperti perempuan dia sering di ejak dia jadi minder gmn saya menenangkan anak saya
aini: Anak saya udah 9thn tapi kalo suruh sekolah,belajar sama sholat kok susahnya minta ampun.Gimana ya cara biar anak saya rajin sekolah,rajin sholat, belajar dgn giat,nurut apa yg ayah ibunya bilang.tolong kasih tips buat anak laki-laki sy jdi ke banggaan kluarga
aini: Anak saya udah 9thn tapi kalo suruh sekolah,belajar sama sholat kok susahnya minta ampun.Gimana ya cara biar anak saya rajin sekolah,rajin sholat, belajar dgn giat,nurut apa yg ayah ibunya bilang.tolong kasih tips buat anak laki-laki sy jdi ke banggaan kluarga
maya: Anak saya berumur 7 th kalo dirumah dia nya ngomong,banyak tanya,ceria,akrab sama anak tetangga,tp di sekolah kata gurunya di pendiam,tidak mau berkawan,tidak percaya diri,trus kalo dia suka menyendiri,yang mau saya tanyakan kenapa ya beda sekali sifatnya wa di sekolah sama dirumah dan bagaimana solusinya...tq
mulyana: Anak saya umur 6,5 th,anaknya super aktif gk bisa diam sebentarpun.yang aku takuti dia suka memukul temannya kalau gak sengaja ganggu dia.di sekolah kadang mau belajar kadang tidak sampai guru memberikan surat teguran kepada kami orang tua.kalau di suruh shalat di mesjid lagi shalat sesama anak-anak bercanda aja,gimana ya supaya anak saya bisa jadi anak sholeh dan tidak suka memukul temannya lagi?
Dina: Saya punya anak 3,4 tahun belum mau bab di wc krn pernah trauma dia bab pda saat tdk pakai popok.betis sampai kaki kena pup dan dia teriak sambil nangis krn jijik.mulai saat itu dia tdk mau lagi bab klo tdk pakai popok.setiap mau bab psti minta popok dan sy sdh seringkali mengajak ke wc saat dia minta popok tapi dia menahan bab.nya .pernah suatu hari dia minta popok tpi sy tdk ngasih seharian dia tidak bab besoknya baru bab pas saya kasi popok.apa yg harus sy lakukan spy anak saya tidak trauma lagi dan mau bab si wc ?
 
Klik di sini untuk memberi komentar
santi agnes Sabtu, 17 September 2011 | 22:35 WIB
Dear Ibu/bpk,

saya seorang ibu dgn 2 orang anak, anak sy yg no 2 tgl 14 sept kemarin
genap ber usia 9 thn dan duduk di kelas 2, dia sdh 2 x tinggal kelas
yg pertama dia tinggal kelas di kelas 1 dan thn lalu dia tinggal kelas
di kelas 2

Dia bisa mengerjakan soal2 yg diberikan di sekolah tapi masalahnya dia
malas utk menulis soal, catatan yg di berikan di sekolah dan senangnya
hanya bermain2 saja di kelas

jika soal di berikan dlm bentuk lembaran yg dia hanya tinggal mengisi
dia akan isi dan hampir benar semuanya
tp jika dia harus menyalin soal itu yg tdk pernah di kerjakannya

sehingga nilai harian dia selalu kosong dan nilai2 yg di dpt dr midd
semester atau pun ijian semester yg mana soal2nya sdh ada dan dia
tinggal mengisinya tdk pernah menolong utk kenaikan kelas.

hal ini masih berlangsung s/d saat ini sy takut dia tdk naik kelas lg
jika di rmh dia mau menulis selama ada yg mengawasinya terus

bagai mana cara sy utk memotivasi dia agar di sekolah meskipun tdk ada
saya atau pun tdk ada guru yg slalu mengawasinya dia mau slalu menulis
dan dia termotivasi utk belajar

mohon sarannya 


terima kasih sebelumnya atas perhatian ibu/bpk
shinta meylia rahman ¢ Sabtu, 19 Mei 2012 | 20:48 WIB
ass.maaf sebelumnya saya mau nanya..bagaimana dengan cara orang tua
yang mendidik anaknya dengan super overprotektif..sementara anaknya
tersebut gk mw setiap detik di tnya2 atau ditelvon..
anaknya mau bebas dan kasih kepercayaan aja kpd anak tersebut.jgn
terlalu bnyk tanya krna t membuat anaknya risih.
iwang nirwana Kamis, 9 Agustus 2012 | 11:43 WIB
anak saya berusia 2 th.seorang laki laki.untuk sekarang ibunya sedang
mengandung dan berusia 5 bulan...
setiap hari anak minta dituruti keinginannya apapun bentuknya..jika
menolak maka ia akan mennagis keras tanpa henti.jika tidak ada saya
dia menjambak atau memukul perut ibunya..padahal perhatian msh selalu
ke anak pertama...
saya bingun kalo dia sudah menangis..sangat susah kecuali dituruti
keinginannya.sementara bahasanya belum terlalu jelas keinginannya
apa..kira kira gimana solusinya
zakiyah umami Minggu, 7 Oktober 2012 | 20:47 WIB
assalamu'alaikum...sy mau tanya, yg pertama, anak saya usia 2 th klu
dia mau BAB sulit karna tersugesti rasa jijik ketika melihat
kotorannya sendiri, jd setiap dia BAB selalu menangis karna jijik
akhirnya BAB nya ga'mau keluar, kalupun keluar hanya sedikit sekali.
gimana supaya anak saya tidak merasa jijik ketika melihat kotoranya
sendiri?
.yg kedua, anak saya tidurnya terlalu malam kadang sampai jam setengah
12 malam apakah tidak berpengaruh terhadap kesehatanya?? dan gimana
caranya agar anak saya tidurnya tidak terlalu malam???trimakash
seelumnya dan mohon bantuannya...
rico septiana Minggu, 18 November 2012 | 20:38 WIB
saya ingin bertanya, anak saya berumur 2 tahun 3 bln, kenapa anak saya
begitu malu/ takut ketika bertemu dengan orang yang baru dikenalnya.
ketika orang tersebut menyapanya dia pasti merangkul serta menutup
matanya? apa yang mungkin harus kami lakukan sebai orangtua?
lala Kamis, 29 November 2012 | 01:26 WIB
Slamat м̣̣̥̇̊ά̲̣̣̣̥ℓά̲̣̣̣̥м̣̣̥̇̊, saya ingin
bertanya saya punya anak 2, kakaknya seorang perempuan usianya 9th
adiknya laki" usianya 7th. Kakaknya suka berbohong ( saya sering
membuktikannya) contohnya berbohong tentang nilainya di sekolah dan
Ɣªηƍ terakhir dia berbohong waktu pulang sekolah jam 17.00 dia SMS
tidak usah dijemput karena dia mau naik angkot bareng temannya, tetapi
ketika dia sms saya posisi saya sudah didepan sekolanya, lalu saya
membalasnya dengan menjawab "iya" tetapi saya tetap melihatnya dari
jauh, dan benar saja dia tidak pulang naik angkot tetapi dia bermain
di kebun samping sekolah dan bermain lumpur,, pertanyaannya bagaimana
cara saya untuk mengubah perilaku suka berbohong anak saya
itu,,,,thanks
dewi sartika Jumat, 18 Januari 2013 | 20:19 WIB
to the point aja ya mbak.....
sya ibu dari 4 orang anak (2 anak tiri + 2 anak kandung)
anak tiri saya yeng kedua (perempuan) sering bohong dan banyak akal.
misalx waktu shalat dia hanya berwudhu dan setelah itu lama" berdiam
diri di kamar. ga lama keluar kamar dan bilangx udah shalat ternyata
ga shalat.
gmana ya carax biar dia bisa berubah dan din apa yg dengerin apa yg
kita sampaikan ke dia.
trims
Ade Selasa, 22 Januari 2013 | 11:10 WIB
Saya ingin bertanya mbak...
anak saya umur 10 th (perempuan) susah sekali utk diberi kepercayaan,
klw plg sklh tdk di jmpt dia akan main dulu tdk lgs plg, klw berbuat
salah suka ngeless (tdk jujur), akhir2 ini dia suka mengambil uang di
lemari saya & untungnya ketahuan, gimana ya caranya biar dia bisa
berubah? ...thanks
Tarsidik Rabu, 30 Januari 2013 | 21:51 WIB
anak saya punya masalah dengan perilaku dan sekolahnya (SMU Kelas XI),
saya berniat untuk konsultasi dengan psikolog anak, apa ada untuk
wilayah III Cirebon tempatt praktek psikolog anak?
Terimakasih informasinya.
ibu atik σ Jumat, 1 Februari 2013 | 07:35 WIB
saya punya anak 2(umur 4th TK kecil, laki-laki, umur 2th permpuan) yg
kakak kalo minta mainan kudu dituruti kalo ga marah_marah, kalo
dinasehati seringgnya jawab,sering ngambek,sebenarnya kakak sayang
sama adiknyatp kalo pas bareng adeksering bertengkar rebutan mainan
dan juga adeknya gak mau kalah berani sama kakaknya, berasa mainannya
diambil kakaknya kadang suka cubit kakaknya. saya sbgai ibu selalu
marah- marah capek nasehati terus, kmerasa kasihan juga wktu liat
anak-anak tidur ,saya belum biisa jadi ibu yang baik . mbak... saya
minta solusinya bagaimana mengatasi anak-anak saya ini. saya mengasuk
anak sambil buka toko mbak jualan jadi repot minta ampun.
NOVAPATMAWATY@YAHOO.COM Jumat, 8 Februari 2013 | 11:00 WIB
Ass.mbk,aq punya anak 3(lki2smua).ank yg 1sulit skli dksh tau,d atur,d
ajrkn hal yg baik yg tentu sja u kbaikannya sndri.d ddk dg lemah
lembut  melawan d ksh tau dg cra kasar(smpe d pukul dll) bru dia nurut
n tentu sj menangis n d ualangi lg kslahannya.sy mrsa sptnya tdk
sanggup n gagal mnddik anak sndri dlm sgla hal.bgimna solusinya
ya?ksian adik2nya,jd kurang prhatian krn abngnya?trimaksh.wss
tri setyowati ¥ Kamis, 21 Februari 2013 | 17:45 WIB
Assalamualaikum wr wb , Mbak mohon sarannya ya , saya punya anak
berumur 6 thn laki laki , anak sy ini aktif sekali dan maunya main
saja , susah nurutnya nah yg membuat saya pusing , anak saya sering
sekali bermain dengan kelaminnya kalau diingatkan dia marah sekali
,dan sy baru tau sekarang ini karna waktu itu msih aktif bekerja ,
bagaimana caranya ya mbak biar anak saya tdk bermain kelamin terus
muhammad ali murtadlo Sabtu, 30 Maret 2013 | 06:54 WIB
assala mu'alaikum wr. wb mau tanya jika didalam keluarga ada 2 saudara
( ali dan umar ), jika ali mau makan selalu cuci tangan dan berdo'a
dulu sedangkan umar langsung makan aja tidak usah cuci tangan atau
berdo'a dulu. terus kita harus mengatakan apa kepada kedua anak itu (
ali dan umar )?

terima kasih banyak atas jawabannya...

wassalamu'alaikum wr. wb
Nur mualif Þ Minggu, 7 April 2013 | 01:02 WIB
Selamat Pagi dan Salam Kenal,

Saya seorang ayah dari 2 anak laki - laki, anak pertama kami usianya 8
tahun duduk di bangku kelas 1 SD. 
Kecenderungan anak pertama kami sejak kecil susah sekali konsentrasi.
Baik saat belajar di rumah, di sekolah, mengaji, serta di tempat lest
nya.

Dan kebiasaan malas mencacat pelajaran serta tugas -tugas seprti PR
yang dia harus nyalin dari papan tulis. 
Apabila anda berkenan kami bermaksud untuk datang langsung dan
berkonsultasi mengenai hal ini.

Demikian saya sampaikan, atas respon positif serta kesempatan yang di
berikan sebelumnya saya mengucapkan terima kasih.

Salam Hormat
Alif
bu indah Þ Rabu, 22 Mei 2013 | 10:46 WIB
saya ibu dengan 2 orang anak laki-laki yang satu berusia 5 th & yang
satu 24 maret lalu genap berusia 7 th dan duduk dikelas 1 sd, saat ini
mendekati test kenaikan kelas, saya khawatir anak saya tinggal kls.

dia sdh bisa membaca tetapi tidak mengerti dengan apa yang dibaca,
conth: ada pertanyaa: "kebersihan kls mnjdi tanggung jawab?: "
pertanyaan seperti itu saja dia tdk bisa menjawab.
apabila ada pr dia hanya bisa menbaca soal tanpa tau apa yg hrs
diisi.

begitu juga disekolah pada saat dia mengerjakan soal ujian hampir
rata-rata soal esai tdk diisi krn dia tdk tau meskipun hanya soal
sederhana mengenai keseharian.
 makanya nilai harian untuk soal latihan yg dikerjakan diekolah selalu
mini dan nilai testnyapun tidak ada yang bagus.

kalau ada PR ato ada pemberitahuan apapun dari gurunya dia tidak
pernah menyampaikan kpd sy ( orangtua ) selalu saya tanya kpd guru
atau temanya melalui sms atau tlp krn posisinya sayaa bekerja. dia
juga tdk pernah mau mengumpulkan PR kalau tdk di paksa untuk
mengumpulkan.

hal ini masih berlangsung hingga saat ini.saya takut dia tdk naik kls.
krn klo disuruh belajar hrs selalu diawasi klo tdk dia akan seenaknya
dan malas-an ( posisi kepala di taruh dimeja).

bagaimana caranya agar saya dapat memotivasi anak saya agar dia bisa
mengerti dengan pelajaran dan tanggap dengan apa yang disampaikan oleh
gurunya.

mohon saranya,

terima kasih atas perhatian dan saran Bapak /Ibu
ugie ¢ Jumat, 11 Oktober 2013 | 16:05 WIB
saya pny anak laki2 umur 9thn kelas 3 SD. Secara keseluruhan sy
melihat dia tumbuh normal seperti anak lainnya. Tapi saya merasa anak
saya seperti menuyimpan "sesuatu" dlm diri . Dia kalau bicara sangat
pelan , terkesan tidak pede.. sedangkan saya sebagai ibunya sangat
tegas bila bicara terkesan galak.. Perlu digaris bawahi bahwa kami msh
tinggal bersama dengan orangtua saya, yg notabene orangtua saya(bapak)
sangat galak , kaku , kolot, tegas cenderung otoriter. Kesimpulannya
saya merasa apakah problem watak keluarga ini memepengaruhi
physicologis anak saya? Apakah msh bisa di "restart" sehingga karakter
anak saya bisa normal selayaknya anak2 yg pny Percaya diri yg wajar
cenderung mengarah pada kebaikan..saya butuh saran dan pendapat..
thank you
yoyoh rokayah θ Jumat, 31 Januari 2014 | 16:58 WIB
saya seorang ibu yang memiliki 3 anak, anak pertama laki2 yang
sekarang kelas 2 smp, yng kedua perempuan sekarang kelas 2 sd, dan yg
ketiga laki2 skrng umurnya 2.5 th blm sekolah. yang menjadi permasalah
saya adalah anak pertama tidak ada semangat sekolah, padahal kalo saya
perhatikan dia tidk terlalu di bawah rata2 untuk nilai pelajarannya,
namun dia suka membolos (dari rumah pergi sekolah namun tdk nyampe
sekolah) saya sering di panggil oleh guru bp, pd saat di tanya dia
berjanji tdk akan mengulanginya lg tp buktinya dia hanya omongan saja
dan selalu mengulangi lg, saya selaku orangtua sudah angkat tangan,
sdh tidak mampu, sy harus bagaimana ya untuk mengatasi permaslahannya
ini, mohon sarannya...

terima kasih
Wahyu % Sabtu, 12 April 2014 | 22:53 WIB
Selamat Malam...
Saya ayah dari 2 anak, anak yang pertama laki2 sudah umur 4,5 th, dan
sudah saya masukan ke PAUD dengan tujuan untuk bisa bermain dan
bersosialisasi dengan teman2nya.
tetapi anak saya lebih cenderung diem dan takut untuk bermain dan
bersosialidsasi dengan teman2nya.
padahal kalau sama saudara2 nya langsung bisa bermain bareng, kejar2an
lari2an...
Bagaimana cara saya untuk bisa melatih anak saya lebih berani untuk
berinteraksi dengan teman2 laing yang bukan saudaranya...?
saya mohon sarannya..
Terimakasih
siti muspiroh σ Senin, 8 Juni 2015 | 08:21 WIB
Ass, anak sya usia 6 thn. Dia masih suka BAB di celana. Sya sudah
menasehatinya tp dia seakan tk peduli. Akibatnya krn sering BAB di
celana dia terkena infeksi saluran kemih n kdang mengeluh sakit saat
kencing. Saya hrus gmna mohon bantuannya. Trims
johan adi Senin, 27 Juni 2016 | 09:32 WIB
selamat pagi, mau konsultasi
anak sy umur 2 th, dia skrg trauma BAB karena pernah keras dan sakit,
sehingga kalau sudah mules dia sekuat tenaga menahannya sampai
keringetan, asupan serat sudah kami optimalkan dan sudah bereaksi
dengan seringnya dia kontraksi, tp dianya sendiri terus menahan,
sampai akhirnya kalau sdh 2-3 hr tidak keluar kami pacu dg microlax,
baru bisa keluar,,,saya kasihan melihatnya,,,bagaimana menghilangkan
traumanya ini ya,,,setiap hari kami sudah berusaha mensugestinya
dengan berbagai macam rayuan dan mainan untuk mau BAB, tp sdh
semingguan ini bl berhasil,,,bagaimana ya seharusnya,,,

Mau komentar? Mau diskusi? Silakan tulis pesan: 
Nama:  
Website:  
Email:  
Nomor HP:  
Pesan:  
Nama tokoh wayang:  gatot
Beritahu teman-teman Anda:
Share on Facebook Share on Twitter


Copyright © 2016 Psikolog Anak   |   About   Privacy   Contact